Hantu ‘Bumpy’ Mengintai Pemudik

4951

Probolinggo (wartabromo.com) – Kondisi jalan pantura Probolinggo-Banyuwangi untuk jalur mudik lebaran 2019 relatif bagus. Namun, pemudik dihantui jalan bergelombang (bumpy) yang siap merenggut jiwa. Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo pun menghimbau pemudik untuk mewaspadainya agar tak mengalami kecelakaan lalu lintas.

Tahun ini, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya melakukan peningkatan kapasitas di beberapa ruas jalan di Kabupaten Probolinggo. Seperti di ruas Desa Curah Sawo, Desa Gending, Desa Randu Pitu dan Desa Bulang di Kecamatan Gending. Serta pada ruas Desa Sumber Rejo, Kecamatan Paiton. Pada 5 titik ini, ada pelebaran jalan, yang semula sekitar 7 metar menjadi 11 meter. Pelebaran ini disertai peninggian badan jalan dengan cara dirabat beton.

Sejak H-10 lebaran, pekerjaan primer (utama) sudah dihentikan oleh PT. Adipraya Gala Karya, selaku kontraktor pelaksana. Jalur ini pun siap digunakan untuk arus mudik maupun arus balik lebaran 2019. Namun, proses rabat beton tersebut tidak sepenuhnya mulus dan rata. Dimana permukaan rabat beton atau kontur jalan bergelombang (bumpy), meski tidak parah.

“Ya permukaan yang baru ini, cenderung bergelombang dan licin. Sehingga perlu diwaspadai oleh para pemudik yang melalui jalan raya ini, baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat. Terutama bagi mereka yang sudah lama berada di luar daerah,” kata Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ega Prayudi, Kamis (30/5/2019).

Ega mengatakan dengan kondisi badan jalan yang lebih lebar, membuat perilaku pengguna jalan cenderung agresif. Mereka tak segan-segan untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Tanpa memperhitungkan aspek keselamatan dan titik pengereman. Dimana cengkeraman karet ban motor atau mobil pada beton tidak terlalu kuat dibanding jalan aspam.

“Nah itu yang perlu diwaspadai oleh pengguna jalan. Apalagi dalam catatan kami, pada ruas-ruas tersebut sering terjadi laka lantas. Jadi kami himbau kepada pemudik untuk tidak memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi, fokus dan jaga jarak aman. Jika lelah, silahkan istirahat dulu di pos yang kami sediakan,” kata putra pelawak Tukul Arwana ini. (cho/saw)