Polisi Terapkan Rekayasa di Persimpangan Tol Paspro

0
1243

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejak pagi hari, jalur Probolinggo-Lumajang tersendat akibat banyaknya volume kendaraan yang keluar masuk gerbang Probolinggo Timur Tol Paspro di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces. Untuk memperlancar sirkulasi kendaraan, Satlantas Polres Probolinggo melakukan rekayasa lalu lintas.

Sejak Kamis (6/6/2019), arus lalu lintas di jalur selatan Probolinggo-Lumajang terpantau berwarna merah di google maps. Akibat kepadatan volume, antrean kendaraan mengular hingga sejauh 5 kilometer. Baik dari arah selatan (persimpangan tol Paspro-rel kereta api Malasan, maupun utara (persimpangan tol Paspro-Pertelon Jorongan). “Pelan-pelan merayap, ini dari Lumajang. Antreannya cukup panjang. Begitu juga saat berangkat,” kata Agus, pengguna jalan.

Agar lalu lintas lancar, Satlantas setempat melakukan rekayasa. Berupa pembuatan batas tengah marka menggunakan tiang dan tali. Fungsinya adalah memutus jalur kendaraan dari jalan kecil, yang memotong langsung ke jalur nasional Probolinggo-Lumajang.

Rekayasa ini diterapkan di 3 persimpangan, yakni simpang empat pasar Leces, simpang tiga Banjar Sawah, dan simpang tiga Tegal Siwalan. Setelah ada rekayasa, untuk kendaraan dari lawan arah yang hendak belok ke persimpangan kecil, diharuskan memutar. Sebelumnya, pengguna motor dan mobil langsung belok menuju arah persimpangan. Akibatnya, kendaraan dari arah berlawanan maupun dari belakang, harus melambat.

Langkah tersebut, terbukti mampu mengurai kepadatan lalu lintas di jalur selatan. Sehingga saat ini kondisi jalan raya ini kembali lancar meski ramai. “Saat ini kondisi lalu lintas di jalur selatan sudah ramai lancar kembali. Begitu ada peningkatan volume kendaraan langsung kami terjunkan anggota,” terang Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ega Prayudi.

Sementara untuk persimpangan pintu tol Paspro, polisi melakukan buka tutup jalur. Agar kendaraan dari dan menuju tol Paspro, cepat melintas. Begitu juga dengan pengguna jalan nasional. “Kami mengimbau, agar para pengguna jalan mematuhi rambu lalu lintas. Gunakan sabuk keselamatan dan hidupkan lampu di siang hari,” pesan putra komedian Tukul Arwana ini. (lai/saw)