4 Cara Jitu Kelola Uang Lebaran Anak ala Putra Jokowi

0
1413
Jan Ethes, saat bersilaturahmi di Hari Raya Idul Fitri.

Lumajang (Wartabromo.com) – Saat bersilaturahmi ke sanak saudara di Idul Fitri, ada tradisi salam tempel atau memberikan uang kepada anak-anak. Tidak main-main, satu anak bisa mendapatkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah lho!

Gibran Rakabuming Raka, anak dari Presiden Joko Widodo memberikan tips untuk mengelola uang lebaran yang didapatkan oleh anak. Melalui situs Janethes.com, berikut beberapa tips yang diberikan putra sulung Jokowi ini :

  1. Bantu membelanjankan

Menurut Gibran, seorang anak harus ditanya terlebih dahulu barang apa yang ingin dibeli dengan uang tersebut. Orang tua juga sebaiknya memberikan arahan kepada anak sebelum membeli barang, termasuk mendampingi sang buah hati saat “belanja”. Meski uang tersebut dipergunakan untuk membeli barang, Gibran juga menyarankan supaya hasil pemberian dari sanak saudara ini sebaiknya disisihkan.

  1. Ajarkan kebiasaan menabung

Seperti yang tertulis pada point pertama, selain dibelanjakan uang juga disimpan. Website milik cucu Jokowi ini menyarankan supaya anak-anak dibukakan rekening sendiri untuk menyimpan uang. Rekening bank tersebut diatas namakan si buah hati, atau khusus rekening anak.

  1. Beri kepercayaan menyimpan sendiri

Pada point ketiga, suami dari Selvi Ananda ini mengkhususkan pada anak yang sudah besar. Orang tua menurutnya perlu menanamkan kepercayaan kepada anak untuk menyimpan uang sendiri. Dengan begitu, anak bisa belajar bertanggungjawab dengan apa yang dimilikinya.

  1. Berbagi

Terakhir, pemilik bisnis martabak tersebut meminta orang tua untuk mengajarkan berbagi terhadap sesama kepada anak. Bukan hanya untuk ditabung dan belanja, uang yang didapat dari silaturahmi lebaran itu disisihkan untuk orang yang membutuhkan.

Itu dia 4 tips mengelola uang lebaran anak versi ayah Jan Ethes. Semoga bermanfaat ya bolo! (may/ono)