Belum Keluarkan Larangan, Syahbandar Ingatkan Nelayan Pasuruan Hati-hati saat Angin Kencang

427
Nelayan pulang melaut hendak bersandar di Pelabuhan Kota Pasuruan, Senin (1/7/2019). Foto: Akhamd Romadoni.

Pasuruan (wartabromo.com) – Angin kencang yang berhembus di tengah lautan┬ádirasakan nelayan Pasuruan. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pasuruan pun mengingatkan nelayan tetap berhati-hati saat melaut.

Himbauan itu ditujukan bagi semua jenis kapal yang melakukan pelayaran. Utamanya untuk perahu-perahu kecil penangkap ikan.

“Angin berhembus cukup kencang, kita ingatkan nelayan untuk tetap berhati-hati saat melaut,” ungkap Darmawan, pelaksana harian Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pasuruan.

Kendati demikian, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat belum memberikan surat peringatan dan pantauan cuaca ekstrem maupun gelombang tinggi.

“Memang belum ada peringatan dari BMKG, namun nelayan tetap harus berhati-hati,” imbuhnya.

Diwartakan sebelumnya, angin kencang yang dirasakan nelayan berdampak pada berkurangnya tangkapan ikan. Beberapa nelayan pun memilih untuk tidak melaut lantaran merasa rugi akibat modal bahan bakar yang dikeluarkan tidak sebanding dengan jumlah tangkapan ikan.

Beberapa nelayan pun hanya memperbaiki alat tangkap ikannya, seperti menjahit jala dan melakukan perawatan perahu-perahunya.

Tak hanya sampai disitu, pengusaha ikan asin pun turut merasakan dampak angin kencang. Lantaran pasokan berkurang, mereka mengambil bahan baku ikan asin dari luar Pasuruan. (ptr/ono)