Tusukan Tri Yulia Listyawati Berbuah Emas

314

Bojonegoro (wartabromo.com) – Tusukan Tri Yulia Lisyawati di detik-detik akhir final cabor anggar putri berbuah emas pertama bagi Kabupaten Probolinggo. Raihan medali ini membuat tim Bumi Rengganis bertengger di peringkat 23 Porprov VI Jawa Timur 2019.

Tri Yulia Lisyawati yang turun di kelas Degen putri mampu mampu menjinakkan Arini, atlet anggar dari Kabupaten Sidoarjo. Ia pun berhak atas medali emas. “Saya sangat tegang diawal. Namun begitu meraih poin cepat, saya mencoba bangkit. Dan hasilnya berhasil meraih poin 15 untuk meraih emas pertama untuk Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya usai laga final di gedung Gedung olahraga SMA 3 Bojonegoro, Senin (8/7/2019).

Apa yang diungkapkan Tri Yulia ada benarnya. Menghadapi sesama atlet PON Jatim, dipaksa kerja ekstra keras. Sejak menit pertama berjalan Arini mampu menekan Tri Yulia dengan perolehan skor cukup mencolok 8 : 1. Namun berbekal ketenangan dan fokus, Tri memperoleh kepercayaan diri. Perlahan tapi pasti tekanan yang diberikan Tri mampu mengoyak pertahanan Arini.

Berkali-kali tusukan Tri mampu mengejar poin signifikan hingga jarak poin menipis menjadi 9:7. Menjelang menit akhir, Tri Yulia sempat menyamakan kedudukan menjadi 12: 12 dengan Arini. Namun beberapa kali tusukan sempat dinyatakan tanpa poin oleh wasit.

Persaingan kedua atlet anggar yang diprediksi akan mengisi kontingen PON Papua untuk Jawa Timur, kian sengit. Arini mampu unggul di posisi poin 14, sementara Tri masih diposisi poin 13. Momen di detik-detik akhir sangat krusial, saat serangan cepat Tri membuahkan hasil poin. Sehingga menyamakan posisi poin 14:14.

Partai final makin menegang, namun dengan ketenangan Tri Yulia mampu melumpuhkan andalan Sidoarjo dengan tusukan manis. Tusukan di detik akhir itu menyudahi partai final dengan skor 15:14 untuk kemenangan Tri.

“Alhamdulilah, berkat dukungan semuanya, Tri Yulia Listyawati memberikan bonus emas pertama. Ini sebuah kebanggaan bersama. Semoga ini pembuka untuk meraih medali emas di cabor lain,” kata Ketua Pengkab IKASI Sujono.

Kontingen Kabupaten Probolinggo saat ini mengghuni peringkat 23 Porprov VI Jawa Timur. Mengumpulkan 1 emas, 1 perak dengan 6 poin. Emas dari cabor anggar, sedangkan perak dipersembahkan atlet balap sepeda di nomor ITT putri atas nama Aisyah Putri Aprilia. Posisi sementara ini bisa berubah, seiring akan dipertandingkan beberapa cabor pada esok hari. (saw/saw)