Razia Bocor, Warga Lumajang Ramai-ramai Ungsikan Motor ke Probolinggo

13159
Warga sembunyikan motor di kebun dengan ditutupi daun pisang.

Lumajang (wartabromo.com) – Operasi motor bodong di Desa Wonoayu, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang bocor. Banyak warga meninggalkan rumah untuk mengungsikan motornya ke Probolinggo.

Tercatat, 104 personel Tim Cobra diterjunkan dalam operasi motor bodong kali ini. Razia yang sudah dilakukan berulang kali ini seakan-akan membuat warga ‘belajar’. Kabar razia ini tersiar luas, pada Minggu (28/7/2019) malam, malah melalui pengeras suara di Masjid hingga grup WhatsApp.

“Saya tahu kalau operasi ini bocor dari semalam. Saya imbau kepada takmir masjid supaya jangan lagi masjid-nya digunakan untuk mengumumkan hal-hal yang malah membantu pelaku kejahatan. Seharusnya dibantu, bukan malah digagalkan,” tegas AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang.

Arsal pun sempat heran, karena banyak rumah yang ditinggalkan penghuninya dengan dikunci rapat. Petugas pun akhirnya mengorek informasi keberadaan pemilik rumah ke warga.

Beberapa pengakuan menyebut jika warga Desa Wonoayu mengungsikan motornya ke wilayah Probolinggo setelah tahu akan disambangi Tim Cobra. Warga yang mengungsi ini kebanyakan pemiliki motor tanpa surat resmi.

Ini mudah saja dilakukan, mengingat Desa tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo.

Meski begitu, tidak semua warga pemilik motor bodong mengungsi. Rupanya ada juga yang masih menyembunyikan motor di kebun. Saat akan mengakhiri razia, petugas menemukan jejak motor yang mengarah ke kebun sengon dengan tanah curam.

“Saya bersama tim kemudian mengikuti jejak tersebut, dan benar saja, kami temukan motor yang ditutup rapat oleh daun-daun pisang. Setelah itu kami telusuri terus sehingga bisa menemukan 4 motor lagi yang di simpan dengan ditutupi daun-daun pisang,” ujar Kasatlantas Polres Lumajang, I Gede Putu Atmagiri.

Berbagai motor tersebut ada yang terlihat masih bagus, diantaranya dengan berjenis matic. Namun semuanya dalam kondisi nomor rangka dan mesin rusak, serta kunci kontaknya juga sudah dibobol. Motor kemudian diangkut ke Mapolres Lumajang untuk selanjutnya dicek kepemilikannya. (may/ono)