Disparpora Latih 80 Pemuda Tingkatkan Kemampuan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kota Pasuruan

799
Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo menyapa peserta pelatihan, Selasa (6/8/2019)

Pasuruan (Wartabromo.com) – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) latih kemampuan kepariwisataan kepada 80 pemuda di Kota Pasuruan. Kemampuan mereka coba ditingkatkan terutama dalam hal tata kelola destinasi pariwisata.

Kepala Disparpora Kota Pasuruan, Hardi Utoyo mengungkapkan, kegiatan ini memanfaatkan kucuran dana alokasi khusus non fisik dana pelayanan kepariwisataan kepada daerah kabupaten/kota. Harapannya, daerah sasaran mampu memberikan stimulasi perkembangan pariwisata, Khususnya prioritas pengembangan SDM Pariwisata.

Pelatihan ini diikuti oleh 80 peserta dari komunitas pemuda/karangtaruna masing-masing kelurahan, unsur ketua penggerak PKK di setiap kelurahan, dan unsur pusat informasi pariwisata.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo ketika memberikan sambutan, Selasa (6/8/2019).

“Saya yakin jika tata kelolanya baik, Pariwisata bisa menjadi pilar perekonomian di Kota Pasuruan,” tutur Raharto Teno Prasetyo, Wakil Wali Kota Pasuruan yang juga menjadi narasumber dalam pelatihan.

Teno menambahkan, untuk mencapai itu, perlu dilakukan kreasi dan inovasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata, termasuk masyarakat.

Dalam kegiatan yang berlangsung 3 hari sejak kemarin, Selasa (6/8/2019) hingga esok, Kamis (8/8/2019) ini, Teno berharap agar semua peserta bisa memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan yang diselenggarakan di BJ Perdana Hotel Pasuruan tersebut, diyakini dapat menjadi stimulan bagi peserta terhadap keunggulan yang dimiliki masing-masing wilayah. Sehingga dapat mewujudkan destinasi pariwisata, dan terbentuknya kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

“Tidak ada kata terlambat untuk sebuah perubahan, berubah itu harus, menjadi baik itu wajib,” pungkasnya. (bel/**)