Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan? Ini Trik Singkirkannya

1077

Pasuruan (wartabromo.com) – Ketika makan ikan, tak jarang duri ikan ikut tertelan dan menyangkut di tenggorokan. Biasanya, ketika terjadi seperti itu, yang dilakukan hanya sabar menunggu dan berharap duri akan terlepas sendiri dengan terus menelan.

Nah, ini ada beberapa trik jitu menyingkirkan duri yang terlakut tertelan dan nyangkut di tenggorokan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Marshmallow

Tekstur marshmellow yang lengket ketika dikunyah memudahkan duri yang tersangkut tertarik kebawah saat menelan marshmellow.

2. Pisang

Buah berwarna kuning ini ternyata juga bisa menyingkirkan duri lho. Caranya, makan pisang dalam gigitan besar. Kemudian diamkan di dalam mulut 1-2 menit. Selanjutnya, telan pisan tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Ketika menelan pisang, bisa dibantu dengan meminum air agar lebih mudah ditelan.

3. Roti atau Nasi

Ketika menelan duri ikan, cobalah mengunyah roti atau nasi. Kemudian, telan sebelum terlalu lembut. Roti dan nasi ini akan membantu melepaskan duri yang menyangkut.

4. Kacang

Kunyah beberapa butir kacang ketika duri tersangkut di tenggorokan. Tekstur kasarnya dapat melonggarkan duri. Dorong menggunakan air untuk membantu kacang turun ke tenggorokan dan melepaskan duri.

5. Sari zaitun

Duri ikan bisa melunak dan meluncur dengan mudah ketika minum rebusan sari zaitun. Selain itu, minyak zaitun hangat bisa diminum utnuk meredakan luka goresan duri ikan.

Selamat mencoba! (bel/may)