Susunan Kabinet Final, Jokowi : Menteri Ada yang Usianya 25

3426

Jakarta (wartabromo.com) – Presiden Joko Widodo telah mengantongi 34 nama Menteri baru pada kabinetnya. Ia menyebut ada calon Menteri muda yang masih berusia 25 tahun.

Pada periode kedua kepemimpinan Jokowi, ada 34 Menteri yang akan membantunya. Jumlah tersebut sama dengan periode pertama kepemimpinannya.

“Nama kabinet sudah final. Jumlahnya menteri 34,” ujarnya dikutip dari CNN.

Mantan Gubernur Jakarta ini mengaku jika kabinet periode kedua nanti akan diisi generasi muda. Usianya ada yang masih 25 tahun.

“Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun,” lanjutnya.

Menteri dari kalangan muda itu kata Jokowi tidak semua berasal dari para professional, namun juga partai politik. Sementara untuk komposisi antara Menteri laki-laki dan perempuan, sama dengan periode pertama.

“Komposisi 45 parpol, 55 profesional,” papar Jokowi.

Selain membahas tentang jumlah Menteri dan komposisinya, Jokowi juga menyinggung mengenai Kementerian baru yang akan diusung. Kementerian ini akan dikonsentrasikan di digital dan kreatif.

“Secara jumlah bisa sama, tapi ada kementerian yang dilebur. Misal Menlu juga handle diplomasi ekonomi. Ada juga Kementerian Investasi, akan konsentrasi di digital dan kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, pengumuman Kabinet ini akan dilaksanakan sewaktu-waktu. Bisa saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden pada Oktober mendatang, atau bahkan sebelumnya. (may/ono)