Ada Recovery Backbone, Jaringan Telkom Down Sejak Pagi

806

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pelanggan provider Telkom sempat mengeluhkan lambatnya jaringan sejak Kamis (15/8/2019) pagi. Proses update Backbone disebut-sebut menjadi penyebab gangguan jaringan.

Setidaknya gangguan ini dirasakan di area Tapal Kuda termasuk di Surabaya. Beberapa pelanggan Wi-Fi IndiHome Telkom. Keluhan ini disampaikan melalui grup Whatsapp hingga media sosial Twitter.

“Koneksi internet (IndiHome) tidak bisa,” ujar Ahmad Zakki, salah seorang pengguna Wi-FI Telkom.

Saat dikonfirmasi, Astri, Cunsomer Marketing Telkom Pasuruan mengungkapkan, adanya gangguan pada koneksi Internet karena adanya update Backbone.

“Saat ini masih dalam proses recovery. Siang ini diharapkan sudah bisa kembali normal,” tutur Astri kepada WartaBromo melalui sambungan telepon.

Dijelaskan kemudian, imbas dari perbaikan di Kebalen, jaringan Telkom dan Telkomsel wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara down. Termasuk terjadi pada Telkom Pasuruan, yang mencover area Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Hingga berita ini disusun, proses recovery sudah berjalan 70%. Dalam hitungan kurang dari 1 jam recovery harusnya sudah selesai. Sehingga jaringan kembali normal.(bel/may)