Belum Ada Pihak Mengaku Membuang, Ini Bahaya Serbuk Alumunium di Jalan Raya Raci

4048

Pasuruan (WartaBromo.com) – Serbuk alumunium berserakan di pinggir jalan raya Raci, Kabupaten Pasuruan. Belum ada pihak, mengaku membuang barang yang bisa memicu ledakan dan membahayakan kesehatan itu.

Serbuk alumunium itu menumpuk dalam zak dan tercecer tepat di sisi utara jalan raya, sekitar 200 meter dari gapura masuk Desa Simokerto, Kecamatan Kraton.

Sampai saat ini belum ada penjelasan dari pihak berwenang atau setidaknya pengakuan pihak yang sengaja menumpuk bubuk dalam zak di pinggir jalan tersebut.

Material berwarna perak berkilauan itu diyakini berbahaya. Jika dirujuk pada katalog Pengawas Obat dan Makanan (POM), serbuk alumunium itu berpotensi menimbulkan gas yang bisa menyala bilamana bersinggungan dengan air. Bubuk alumunium ini bahkan mudah menyala secara tiba-tiba dalam udara. Karena itu, POM menyarankan untuk menyimpannya dalam wadah tertutup dan kering.

Dalam kondisi basah, bubuk ini dapat mudah meledak. Hal cukup mengerikan itu bisa terjadi ketika bubuk alumunium bersinggungan dengan udara lembab.

Sementara ancaman gangguan kesehatan berpotensi terjadi pada paru-paru, mata dan juga kulit. “Jika terhirup dalam waktu lama, bisa menimbulkan paru-paru kronis,” jelas BPOM dalam katalognya.

Catatan sebelumnya, keberadaan serbuk alumunium itu cukup samar. Selain lokasi pembuangan berada lebih rendah dari permukaan jalan raya, juga sedikit terhalang oleh ilalang.

Material yang biasa dipakai bahan campuran pembuatan bata ringan itu dikemas dalam zak warna putih berukuran 25 kilogram. Setidaknya ada 10 zak yang sebagian dari jumlah itu terlihat jebol. (asd/asd)