Teror Bondet Ledakkan 3 Rumah di Lumajang

1071

Lumajang (WartaBromo.com) – Tiga rumah di Desa Bence dan Krasak, Kecamatan Kedungjajang dilempar bondet (bom ikan) oleh pria tak dikenal. Bondet kemudian meledak dan merusakkan rumah warga.

Tiga rumah tersebut masing-masing milik Samito (54), warga Desa Bence, Matdullah (60) dan Tirap (63) warga Desa Krasak Kecamatan Kedungjajang.

Pada rumah Samito, pelaku melemparkan bondet ke rumah korban pada Senin (26/08/2019) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari. Bondet kemudian menganai pintu depan rumah dan kaca, lalu meledak tembus ke dalam rumah. Sejumlah perabot pun pecah akibat ledakan dengan radius 5 meter ini.

Sementara di TKP berikutnya, ledakan terjadi sekira pukul 03.30 WIB, yakni di rumah Mat di Dusun Kebonan, dan Tirap di Dusun Krajan.

Rumah Mat rusak pada bagian kaca dan pintu. Bom ikan ini pun meledak dan merusakkan bagian depan rumah. Sementara di rumah Tirap dilempar 2 bom. 1 bom meledak dan merusak bagian depan rumah, sementara 1 lainnya tidak meledak.

Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban mengatakan, dugaan sementara peristiwa pembondetan ini terjadi karena konflik panas jelang Pemilihan Kepala Desa pada Desember mendatang.

“Dugaan sementara ini terkait dengan suasana politik di Lumajang yang sebentar lagi akan dilaksanakan pemilihan Kepala Desa pada bulan Desember. Pelaku-pelaku kriminal tidak ingin pemenangnya Kepala Desa yang tidak bisa mereka atur,” ungkapnya.

Polisi kemudian mengamankan berbagai barang bukti. Diantaranya 4 buah batu sungai hitam ukuran kecil, 3 buah kayu daun pintu yg rusak akibat ledakan dan 1 buah kapas yang ada bekas bubuk missiu/black powder.

Sementara 1 bom ikan yang masih belum meledak kemudian dijinakkan di Lapangan tembak. Polisi masih terus menyelidiki terror bondet ini. (may/ono)