Berkenalan dengan Cobra Betina, Srikandi Cantik Jago Menembak

738
Nanda, sang Cobra Betina andalan Polres Lumajang.
“Jangan karena saya wanita, saya bisa disepelekan.”

Laporan : Maya Rahma

TIM Cobra menjadi banyak perbincangan setelah berkali-kali melakukan pengungkapan kasus kejahatan. Namun, yang sering kali dieluh-eluhkan itu Tim Cobra Jantan, atau pria.

Padahal, Tim besutan AKBP Arsal Sahban ini terdiri dari jantan dan betina lho! Alias ada pria dan wanita-nya. Seimbang.

Setidaknya ada 9 srikandi yang dilatih khusus untuk menjadi bagian dari Tim Cobra. Meski perempuan, mereka dilatih bela diri, menembak di atas motor, dan pelatihan ekstrem lain. Ya begitulah jika harus bertarung dengan para kriminal jalanan.

Sebut saja Elverdha Oviany Megananda. Perempuan kelahiran Kediri, 27 Juni 1997 ini berpangkat Bripda. Mempunyai paras cantik, Polwan tersebut tak kalah garang dengan polisi lain. Nanda kerap kali menjebloskan pelaku kejahatan dengan sekali tebas.

Pada penangkapan pelaku kejahatan dengan TKP Dealer Kawasaki contohnya. Nanda harus adu otot dengan salah satu pelaku yang berusaha kabur. Meski bertubuh besar, tersangka tak berdaya saat Nanda membantingnya untuk melumpuhkan supaya tak kabur. WHOAA!

Putri dari Endro Cahyono ini juga menjadi garda depan saat penangkapan salah satu pengedar narkoba besar beberapa waktu lalu.

“Selama saya benar, maka keadilan harus ditegakkan dan saya tidak takut melawan para penjahat,” ujarnya.

Cobra Betina saat berlatih.

Nanda dkk rutin melakukan pelatihan kebugaran supaya ber-energi saat melakukan berbagai penangkapan. Masuk dalam tempat minoritas dengan 95 % nya laki-laki, membuat para Srikandi lebih bersemangat menunjukkan taringnya.

“Jangan karena saya wanita, saya bisa disepelekan. Karena semut pun jika merasa dirinya terancam, dapat berbahaya dan mematikan,” lanjutnya.

Sampai sekarang, 9 Cobra Betina ini tetap berjuang menumpas kejahatan. Mereka, orang-orang terpilih dari 28 polwan yang bertugas di Polres Lumajang.

“Saya memberikan ruang kepada para Polwan untuk bergabung dengan Tim Cobra, yaitu tim elit yang saya bentuk. Saya punya keyakinan bahwa mereka mampu, bahkan menurut penelitian, wanita memiliki insting yang lebih kuat dibanding laki-laki. Sehingga sangat berguna dalam operasi-operasi yang kami lakukan,” ujar Arsal.

Selamat berjuang Cobra Betina….(*)