Perhatikan Hal Ini Sebelum Liburan ke Pantai

508

Pasuruan (wartabromo.com) – Memasuki akhir pekan, banyak yang memiliki liburan untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Berbagai tempat wisata menjadi jujukan, salah satunya Pantai.

Ya, pantai masih menjadi destinasi pilihan ketika berlibur. Meski begitu, berlibur ke pantai bukan berarti tanpa persiapan soal keamanan lho. Berikut beberapa tips aman yang dikutip dari detik.com:

1. Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Ya, terutama ketika pukul 10.00-14.00, sangat tidak disarankan untuk berjemur. Sinar matahari paling berbahaya berada di jam tersebut.

Bukan berarti pada jam tersebut kita tak bisa menikmati pantai. Gunakan payung jika ingin berjalan-jalan atau dirikan tenda jika hanya ingin menikmati suguhan indah pesisir pantai.

2. Menggunakan Pakaian yang Nyaman dan Sunblock

Kalau ingin main ke pantai jangan sampai salah kostum ya!

Usahakan menggunakan pakaian berbahan katin agar mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai. Pelengkap seperti topi juga perlu digunakan lho. Selain untuk melindungi kepala, bisa juga sebagai aksesoris agar penampilan makin kece.

Satu lagi yang tak boleh ketinggal saat main ke pantai, Tabir Surya atau Sunblock. Mengoleskan sunblock setiap 2 jam sekali dan setelah keluar dari air perlu dilakukan agar kulit tidak rusak akibat terbakar sinar matahari. Bagi yang membawa anak-anak, ini mutlak dilakukan. Sebab, kulit mereka lebih tipis dan tak jarang juga sensitif.

3. Memeriksa Kondisi Air

Saat ingin bermain air di pantai, kondisi ombak wajib menjadi perhatian. Biasanya di pantai ada penjaga pantai yang bisa ditanyai bagaimana kondisi pantai, hingga kekuatan ombak. Tanyakan juga, adakah ubur-ubur di sekitar bibir pantai. Jika kondisi tak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk tetap berenang. Keamanan tetap menjadi yang utama.

4. Perhatikan Bendera Pantai

Bukan tanpa alasan, bendera-bendera itu dipasang di sekitar pantai. Selain sebagai tanda area bahaya, bendera juga digunakan sebagai batas aman berenang. Nah, saat berenang pun selalu perhatikan sekeliling. Ada beberapa pantai memiliki karang atau tanaman yang keras, dan jika tidak berhati-hati, kukit akan robek ketika berenang melewatinya.

5. Senantiasa Mengawasi Anak

Meski kondisi pantai aman, jangan sampai orang dewasa yang bersama anak-anak lalai dan lepas pengawasan. Selalu ingat, bahwa laut itu bahaya dan anak kecil rentan tersapu ombak

6. Tetap Menjaga Cagar Alam

Ingatkan kepada anggota keluarga dan juga anak untuk tidak mendekati, menyentuh cagar alam yang ada di Pantai. Baik itu tumbuhan atau hewan. Hal ini dilakukan agar anak-anak belajar untuk tidak merusak lingkungan.

Sudah siap liburan? (bel/may)