Nikmatnya Kopi Cobra Krucil

3089
Bicara kopi seakan tidak pernah ada habisnya. Berbagai jenis dan cara menikmati kopi, banyak ditemukan. Di kedai kopi pinggir jalan hingga cafe elit. Dari berbagai jenis itu, Kabupaten Probolinggo ternyata punya satu jenis kopi andalan, yaitu Kopi Cobra.

Laporan : Sundari Adi Wardhana, Probolinggo

NGOPI kini tak sekedar menghilangkan kantuk, sebagaimana yang diyakini banyak orang. Ngopi kini telah menjadi tren di kalangan muda dengan komunitas tertentu.

Tren ini pun memunculkan peluang usaha dengan menjamurnya warung kopi dan coffe shop. Termasuk memunculkan barista-barista bersertifikat.

Berdampak signifikan bagi perekonomian petani di Kabupaten Probolinggo. Dengan memperluas pengembangan varietas baru demi mengejar profit. Salah satunya varietas Arabika Cobra (Colombia Brasil) di lereng Pegunungan Hyang Argopuro, Kecamatan Krucil.

Baca Juga :   Daftar 3 Varian Kopi Termahal di Dunia, Apa Saja?

“Terus terang Arabika Cobra asal Krucil memiliki cita rasa tersendiri daripada kopi dari varietas yang sama dari daerah lainnya. Ketika kita mencium aromanya, segera indra perasa kita sangat menikmatinya. Apalagi ketika telah berada di mulut, luar biasa sekali. Aromanya sangat gurih, namun tidak menyengat,” kata Ofie Agustin, salah satu penyuka kopi.

Di Krucil, salah satu sentra kopi Arabika Cobra ada di Dusun Pesapen, Desa Watupanjang. Dikembangkan secara organik oleh Kelompok Tani Rejeki 17 sejak 2015 dengan luas 37,02 Ha. Dipanen dengan cara petik merah, bukan secara tradisional atau petik hijau.

“Selain bubuk kopi, kami juga menyediakan biji kopi (coffee bean). Peluangnya sangat terbuka lebar, karena itulah kami membudidayakan kopi Cobra secara organik,” kata Sholahuddin, ketua kelompok.

Baca Juga :   Sruput Kapiten, JK : Enak dan Mantab!
Foto: Hendra T, Diskominfo Kabupaten Probolinggo

Arabika Cobra merupakan salah satu jenis kopi yang pangsa pasarnya luar biasa. Cita rasa kopi Arabika Cobra, bahkan diakui oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Gubernur menyebut Arabika Cobra asal Krucil merupakan salah satu produk perkebunan terbaik di Jawa Timur.

“Peluang ini harus bisa dibaca dan dimanfaatkan oleh para kelompok tani kopi di Kabupaten Probolinggo. Petani kopi harus terus meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya demi memenuhi kebutuhan kopi.

“Potensi pengembangannya pun bisa dilakukan tak hanya di Kecamatan Krucil tapi juga di kecamatan lainnya. Seperti Sumber, Sukapura, dan Lumbang,” kata M Sidik Widjanarko, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Probolinggo.

Yusianto, peneliti sekaligus sensory analyst (penguji cita rasa) di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka) Jember, menyebut potensi pengembangan kopi varietas Arabika Cobra di Kabupaten Probolinggo cukup terbuka lebar.