Pimpinan Definitif DPRD Kota Pasuruan 2019-2024 Dikukuhkan

1448
Ismail Marzuki Hasan, saat menerima ucapan selamat dari Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo usai dilantik menjadi anggota dewan periode 2019-2024, pada 30 Agustus 2019 lalu.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pimpinan definitif DPRD Kota Pasuruan untuk masa bakti 2019-2024 dilantik, Jumat (20/9/2019). Bersamaan, seorang lainnya juga diambil sumpahnya, dikukuhkan sebagai anggota dewan.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Pasuruan, digelar dalam gedung DPRD Kota Pasuruan, yang berada di Jl Balaikota, setelah salat Jumat, siang tadi.

Terdapat tiga pimpinan telah ditetapkan, di antaranya Ismail Marzuki Hasan menjadi ketua.

Kemudian dua nama menjadi pendamping Ketua PKB Kota Pasuruan itu, masing-masing Dedy Tjahyo Poernomo (Partai Golkar) dan
Farid Misbah (Partai Hanura).

Mereka akan berpadu selama kurun lima tahun ke depan. Selanjutnya, dalam waktu dekat ketiga pimpinan dewan tersebut bakal bertugas menyusun alat kelengkapan dewan (AKD), mulai dari Komisi hingga badan kelengkapan lainnya.

Agenda pelantikan pimpinan definitif ini juga disela dengan pengambil sumpah seorang anggota bernama R. Imam Joko Sih Nugroho.

Pria yang bertarung dari daerah pemilihan Kota Pasuruan 1 atau Panggungrejo itu dikukuhkan setelah absen saat pelantikan anggota dewan pada 30 Agustus 2019 lalu.

“Berhalangan karena haji,” ungkap Raden Murahanto, Sekretaris DPRD Kota Pasuruan menjelaskan ketidakhadiran pada pelantikan anggota dewan waktu itu.

Diketahui, anggota DPRD Kota Pasuruan periode 2019-2024 berasal dari sembilan partai politik. Dari 30 anggota DPRD Kota Pasuruan, 14 anggota merupakan petahana, sedang 16 boleh dibilang sebagai new-comer.

Dari sekian banyak jatah kursi dewan, PKB mengusung 8 anggota, disusul Partai Golkar dengan 7 anggota.

Sedangkan Partai Hanura, Gerindra, dan PKS masing-masing 3 anggota.
Lalu ada PDIP dan PAN masing-masing  mengantarkan 2 anggotanya menjadi anggota dewan. Serta masing-masing 1 anggota berasal dari Partai Nasdem dan PPP. (ono/ono)