Kersen, Si Kecil dengan Segudang Manfaat

1132

Pasuruan (Wartabromo.com) – Siapa yang tak kenal dengan buah kersen? Buah berbentuk bulat kecil ini meski banyak ditanam di halaman rumah, ternyata masih banyak yang tidak mengetahui manfaatnya.

Dilansir dari Liputan6.com, buah yang masuk dalam keluarga berry-berry an ini ternyata memiliki segudang manfaat. Mulai dari pencegahan hingga penyembuhan. Berikut manfaat kersen bagi kesehatan:

1. Memiliki Sifat Antibakteri

Buah kersen merupakan antibiotik alami yang akan melawan bakteri usus, sepsis, dan difteri. Sebagaimana diketahui, salah satu kekhawatiran menggunakan obat adalah bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik hasil ilmu kedokteran.

Nah, buah kersen bisa menjadi antibakteri alami.

2. Sumber Vitamin C Tinggi

Bukan rahasia lagi, vitamin C dapat mencegah beberapa penyakit, diantaranya flu, pilek, bahkan bekerja untuk mengobati beberapa jenis penyakit kardiovaskular. Sekadar diketahui, dari 100 gram kersen setara 150 miligram vitamin C. Selain vitamin, kersen juga memiliki segudang nutrisi. Diantaranya, serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B.

Wah, banyak ya!

3. Membantu Meringankan Penyakit Encok

Encok disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam sistem tubuh. Nah, konsumsi buah kersen tiga kali sehari sebanyak 9-12 buah setiap kali makan bisa mengurangi rasa sakit encok.

4. Meredakan Sakit Kepala

Buah kersen dipercaya dapat merelaksasi pembuluh darah agar dapat mengalir normal. Pasalnya, rasa sakit kepala, bisa disebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah.

5. Menurunkan Gula Darah

Penderita diabetes dianjurkan memantau kadar gula darah seumur hidup. Tak hanya itu, mereka juga harus meminum obat atau suntikan seumur hidup. Nah, buah kersen bisa jadi pilihan untuk membantu menurunkan gula darah.

6. Antioksidan Kuat

Pada proses kimia, ada yang dikenal dengan Oksidasi, yakni saat melepaskan radikal bebas. Konsumsi kersen secara rutin dapat meredakan efek radikal bebas yang dapat membentuk rantai penyebab kanker ataupun penyakit lain.

Gimana bolo, meski kecil, manfaatnya besar kan? (bel/may)