Di Job Fair 2019, Wabup Minta Investor Asing Utamakan Warga Pasuruan

659
Mudjib Imron, Wakil Bupati Pasuruan.

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan menggelar bursa kerja atau Pasuruan Job Fair 2019. Wakil Bupati Pasuruan, Mudjib Imron berharap para investor lebih mengutamakan warga Pasuruan daripada warga luar.

Hal ini disampaikan saat pria yang akrab disapa Gus Mudjib ini meresmikan Job Fair 2019 di UPT Disnaker LKD Kabupaten Pasuruan. Di hadapan para pimpinan perusahaan yang datang dalam acara tersebut, Gus Mudjib blak-blakan meminta para investor yang menanamkan modalnya di Pasuruan, harus memperhatikan hak warga Pasuruan.

“Investor harus memprioritaskan warga Pasuruan, selanjutnya baru warga luar,” ujarnya, Rabu, (25/9/2019).

Gus Mudjib kemudian mengungkapkan pemerintah bakal membuka lebih luas kesempatan investor menanamkan modalnya untuk membuka perusahaan di Pasuruan.

Kegiatan bursa kerja atau Job Fair Pasuruan 2019 yang diikuti oleh 40 perusahaan ini diharapkan mampu menekan jumlah pengangguran di Pasuruan. Selain itu, para pencaker dan penyedia lapangan pekerjaan juga dapat bertemu dalam satu waktu sehingga lebih memudahkan kedua belah pihak.

Job Fair Pasuruan 2019 yang digelar selama dua hari mulai 25 hingga 26 September 2019 ini masih diminati pencaker. Terhitung, lebih dari 5.000 pencaker berburu pekerjaan di hari pertama penyelenggaraan job fair.

Kabid Penempatan Kerja dan Perluasan, Suhartana mengatakan, antusiasme pencaker sudah terlihat dua pekan sebelum dilaksanakannya job fair. Melalui aplikasi pendaftaran online, ribuan pencaker menyerbu pendaftaran job fair ini.

“Pendaftarannya kami buka melalui sistem online dan offline, antusiasme pendaftar sudah terlihat sejak dua minggu yang lalu,” ungkapnya.

Salah satu pencaker asal Bugul Kidul, Kota Pasuruan mengungkapkan, ia sengaja datang untuk menaruh beberapa lamaran pekerjaan. Ia pun berharap melalui Job Fair ini, dirinya segera mendapat pekerjaan.

“Walaupun membludak, tapi sangat teratur. Semoga Job fair ini dapat memberikan kemudahan kepada pencaker seperti kita untuk mendapat pekerjaan,” harap Intan. (ptr/**)