Keuangan Keluarga Amburadul? Perbaiki dengan Cara Ini

831

Pasuruan (wartabromo.com) – Kebutuhan finansial menjadi tantangan tersendiri saat oleh setiap keluarga. Mulai dari biaya kesehatan yang tak sedikit, hingga biaya pendidikan yang terus naik.

Nah, supaya finansial tetap kuat, diperlukan beberapa persiapan. Dikutip dari kompas, ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat finansial:

1. Anggaran rumah tangga harus rasional

Ketika memutuskan untuk mengarungi biduk rumah tangga, pasangan harus saling terbuka terkait pendapatan masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar pengeluaran bisa dibuat secara rasional dan tidak berlebihan.

Bila perlu, hitung pengeluaran rutin seperti tagihan listrik, air, bahkan biaya belanja bulanan. Bagi yang masih memiliki tanggungan cicilan yang sedang berjalan, seperti rumah, ataupun kendaraan, juga perlu dicatat.

Jika sudah, bolo bisa mengetahui estimasi pengeluaran bulanan yang harus dikeluarkan. Pastikan, pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan.

2. Bijaksana mengatur pengeluaran

Tahap selanjutnya, untuk memastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan, bolo harus mengatur keuangan dengan bijaksana. Bijaksana, bukan berarti pelit lho. Kualitas hidup harus tetap diperhatikan.

Susun skala prioritas untuk mengontrol pengeluaran bulanan. Jika masih banyak cicilan, pangkas pengeluaran yang tidak perlu. Selain itu, belilah barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

3. Menabung untuk biaya tak terduga

Selain menyiapkan pengeluaran rutin, dana tak terduga juga perlu disiapkan. Menabung atau investasi bisa jadi pilihan.

Dana simpanan ini nantinya bisa digunakan ketika ada pengeluaran tak terduga. Selain itu, investasi juga akan berguna untuk jangka panjang perencanaan keuangan keluarga.

Tetap ingat bahwa kebutuhan finansial setiap orang berbeda. Pilih solusi keuangan sesuai kebutuhan dengan mengenal karakter finansial. (bel/may)