Lolos Seleksi Administrasi, 852 Bakal Calon Kades se-Kabupaten Pasuruan Ikut Sesi Foto

8369

Bangil (WartaBromo.com) – Sebanyak 852 Bakal Calon Kepala Desa se Kabupaten Pasuruan, lolos seleksi administrasi Pilkades 2019. Mereka kemudian melakukan sesi foto serentak di GOR Bangil, pada Rabu (9/10/2019).

Sebanyak 852 Balon Kades ini mengikuti sesi foto yang dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dilakukan pada pagi hari, lalu dilanjutkan siang hari.

“Gelombang pertama sebanyak 464 orang dari 12 kecamatan. Gelombang kedua sebanyak 392 juga dari 12 kecamatan,” ujar Gatu Adie Pradana, Koordinator Panitia mitra Pemkab Pasuruan.

Tahapan ini merupakan rangkaian persyaratan untuk melanjutkan pencalonan. Sesi foto juga digunakan sebagai proses validasi peserta untuk mengikuti Uji Akademis yang bakal digelar pada 11-24 Oktober 2019.

“Agar dapat menghindari joki (ujian, red),” terang Gatu.

Sementara itu, Tri Agus Budiharto, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan mengungkap jumlah pendaftar Balon Kades 2019. Setidaknya ada 863 orang yang mendaftarkan diri pada seleksi tahap awal, meski pada akhirnya berguguran.

“3 orang mengundurkan diri dan 8 orang tidak lolos seleksi secara administrasi di tingkat desa,” singkatnya.

Anang Wijaya, Asisten 1 Pemkab Pasuruan kemudian menambahkan jika sesi foto ini juga bisa menyebabkan jumlah Balon Kades berkurang. Hal ini baru diketahui jika sesi foto telah berakhir pada pukul 17.00 WIB nanti.

“Mereka yang tidak datang hari ini otomatis gugur, kita tidak ada penjadwalan ulang,” tegas Anang.

Aturan ini kata Anang sudah diinformasikan sebelumnya sejak seminggu lalu, baik kepada bakal calon, maupun panitia desa.

“Panitia tidak menanggung, karena sudah lakukan konfirmasi,” pungkasnya. (trn/may)