Trik Bikin Rumah Minimalis Tampak Luas

2176

Pasuruan (wartabromo.com) – Memiliki rumah minimalis, seringkali memunculkan rasa bingung dalam penataannya. Baik dalam sisi interiornya, maupun pemilihan perabot supaya rumah tak kelihatan sesak.

Ketika memiliki hunian dengan ukuran ruangan terbatas, pastikan untuk mempertimbangkan berbagai hal. Seperti ukuran furnitur, pemilihan warna, sampai fungsi perabotan ketika akan mendekorasi.

Dikutip dari viva, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar ruangan minimalis tampak lebih luas.

1. Pemilihan warna cat cerah dan netral

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan agar rumah tampak luas adalah pemilihan cat tembok secara tepat. Pasalnya, warna dinding memiliki peran penting dalam membangun suasana ruangan.

Warna-warna netral, seperti putih atau krem bisa menjadi pilihan. Warna tersebut akan memberikan kesan ruangan luas, segar, dan tampak terang.

Berbeda jika memilih cat warna gelap. Rumah ataupun ruangan akan terkesan sempit dan nampak suram.

2. Plafon tinggi

Dalam ilmu desain interior, sebuah ruangan terdiri dari dimensi horisontal dan vertikal. Nah, pemasangan langit-langit rumah yang tinggi, dapat mengalihkan mata untuk melihat ke bagian atas rumah.

Hal itu mampu menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi serta luas. Selain itu, pemasangan tirai panjang yang menyentuh lantai, juga memberikan kesan luas dengan adanya ilusi yang dibangun oleh dimensi ruangan.

Nah, jika bolo warmo memiliki lahan yang tak seberapa, usahakan membangun rumah dengan plafon tinggi ya.

3. Kombinasi tempat penyimpanan pada furnitur utama rumah

Pemilihan dan pemanfaatan perabot juga menjadi hal penting nih. Untuk ruangan yang ukurannya tak begitu luas, kombinasi ciamik furnitur utama dengan tempat penyimpanan bisa jadi pilihan.

Contohnya, tempat tidur yang menjadi furnitur wajib yang cukup menghabiskan ruangan.

Nah, area bawah tempat tidur bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang. Bisa juga dibuatkan lemari pakaian, atau bahkan rak buku. Bukan hanya memanfaatkan celah kosong, kamar juga tampak lebih manis, keren dan menarik

4. Maksimalkan ruang dinding rumah

Selain memanfaatkan celah kosong di area tempat tidur sebagai alat penyimpanan, dinding juga bisa. Coba maksimalkan area dinding dengan memanfaatkannya sebagai rak fungsional.

Rak tersebut nantinya dapat digunakan untuk menyimpan alat tulis, buku, pernak pernik pajangan, atau bahkan alat elektronik sepeti televisi. Dengan begitu, tak perlu lagi pusing memikirkan ruang tambahan untuk meletakkan rak. (bel/may)