Waspada! Cuaca Ekstrem Landa Pasuruan dan Lumajang Selama 3 Hari ke Depan

7839

Lumajang (WartaBromo.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi beberapa wilayah di tapal kuda bakal mengalami cuaca ekstrem. Mulai dari Pasuruan hingga Lumajang, bakal diguyur hujan disertai angin kencang dan petir.

Merujuk prakiraan cuaca harian BMKG, cuaca ekstrem ini bakal melanda wilayah tapal kuda mulai hari ini, hingga 2 hari ke depan.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat,” tulis BMKG Juanda melalui laman resminya.

Seperti pada Selasa dan Rabu (10-11/12/2019), ada beberapa wilayah yang diprediksi diguyur hujan pada siang hari. Diantaranya Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan hingga Lumajang.

Sementara pada Kamis (12/12/2019), hujan dan angin kencang diprediksi bakal mengguyur Kabupaten Lumajang.

Wawan Hadi Siswoyo, Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang mengungkapkan, berdasarkan prakicu BMKG, selama bulan Desember akan terjadi hujan lebat dan angin.

“Untuk itu masyarakat diimbau tetap waspada, apabila ada pohon yang lapuk segera laporkan, kita akan koordinasi dengan pemangku kepentingan ke DLH dan bina marga provinsi untuk segera kita eksekusi,” ujarnya.

Hal tersebut untuk mencegah adanya pohon tumbang saat angin kencang menerjang Lumajang. Sebab pada Sabtu sore lalu, ada 15 lokasi yang terjadi pohon tumbang.

Tak hanya itu, tenda pawai budaya di Lumajang juga roboh diterjang angin. 4 warga Lumajang dilaporkan terluka akibat kejadian ini. Baik disebabkan oleh jatuhnya tenda pawai, hingga pohon tumbang. (may/ono)