Bukannya Mengamankan, Kawanan Satpam PG Jatiroto Malah Embat Gula yang Dijaganya

785

Lumajang (WartaBromo.com) – Pencurian oleh satpam di tempat kerja kembali terjadi. Kali ini satpam Pabrik Gula Jatiroto di Kecamatan Jatiroto, Lumajang yang beraksi bobol gudang gula.

Kapolsek Jatiroto, AKP Bambang Supeno mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula dari laporan warga sekitar. Mereka seringkali menjumpai perilaku mencurigakan di sekitar pabrik, seperti pencurian.

Polisi kemudian melakukan pengintaian di lokasi. Saat itu, kebetulan di gudang gula nomor 10 terdapat hal mencurigakan. Polisi menaruh curiga meski ada sejumlah Satpam yang berjaga di sana. Kemudian ada juga pria berpakaian preman sedang mengangkut gula dari gudang.

“Anggota kami langsung melakukan tindakan dan penangkapan. Polisi hanya berhasil menangkap 6 pelaku dari 15 pelaku,” jelasnya.

Pelaku yakni Sulasman, Yohanes, Dedi Suryanto, Fredi Yulianto. Keempatnya diketahui merupakan warga Jatiroto. Sementara 2 lainnya adalah Rony Wildan Nurwahid dan Sahroni merupakan warga Jember.

“Yang berhasil dikeluarkan oleh pelaku ada 9 karung gula. Dan di pintu gudang ada 100 karung gula,” lanjut AKP Bambang.

Pelaku yang merupakan Satpam pabrik gula ini beraksi dengan mencongkel pintu gudang. Mereka menggunakan pipa besi, supaya pintu bisa segera dibuka. Mudah saja, pintu akhirnya terbuka dan belasan pelaku langsung berbagi tugas.

Baca juga : Duh! Satpam ini Curi Pagar Milik Taman Dayu, Tempatnya Bekerja

Gula seberat 50 kilogram tiap-tiap sak, yang ada dalam pabrik, diangkut satu persatu dan diletakkan di dekat pintu. Kemudian ada juga yang bertugas memindahkan gula ke luar gudang.

“Kemudian diangkut menggunakan sepeda motor,” tutupnya.

Akibat perbuatan tersebut, saat ini enam Satpam pencuri gula harus meringkuk di balik sel jeruji tahanan. Mereka dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman kurungan 10 tahun. Sementara 11 pelaku lain dipastikan jadi buruan polisi. (may/ono)