Gondol Rp1,1 Miliar, 3 Orang Pembobol Brankas Koperasi Wahana Bahagia Dilumpuhkan Polisi

1592

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tiga orang, komplotan pembobol brankas Koperasi Wahana Bahagia Kota Pasuruan diringkus polisi. Atas aksinya pelaku menggondol uang Rp1,1 miliar.

Tiga pelaku adalah Mashuri (36), Jajak Ubaidillah (38), Agung (26). Ketiga pelaku ditangkap pada Sabtu (04/01/2020) di rumahnya yang berada di wilayah Kota Pasuruan.

Mashuri ditangkap di Bugul Lor, Kecamatan Panggungrejo; kemudian Jajak Ubaidillah ditangkap di Trajeng, Kecamatan Panggungrejo; dan Agung ditangkap di Pohjentrek, Kecamatan Purworejo,

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander mengungkapkan, modus operandi tersangka beraksi pada dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, di kantor koperasi yang berada di Kelurahan Kandangsapi, Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Pada malam hari kondisi kantor memang sepi, dalam keadaan tak dijaga oleh Satpam. Di situlah pelaku bisa leluasa melakukan aksinya, yakni dengan menjebol dinding koperasi.

Baca Juga :   Koran Online 7 Feb : Perangkat Desa Celurit Warga yang Tudingkan Telunjuk, hingga Lokasi Maling Sembunyikan Sapi

“Mereka menjebol brankas dan mengambil uang senilai Rp1,1 miliar,” ujar Dony.

Uang hasil membobol brankas tersebut kemudian oleh ketiga pelaku digunakan untuk membeli sepeda motor, sertifikat tanah, dan televisi yang kini sudah diamankan polisi.

Saat polisi melakukan penyergapan, polisi melumpuhkan ketiga pelaku dengan menghadiahi peluru pada kakinya.

Sementara itu Ketua Koperasi Wahana Bahagia Fausi menjelaskan, uang tersebut sejatinya adalah Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan dibagikan kepada anggota koperasi.

“Pembagian SHU sempat tertunda. Tapi kita sudah mengupayakan kerja sama dengan bank untuk bisa kami serahkan kepada anggota,” ujar Fausi. (tof/ono)