Gunung Semeru Erupsi, Status Waspada Level II

8259
Gunung Semeru. Foto Dokumen.

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi dengan semburan abu mencapai 600 meter di atas puncak pada Jumat (17/1/2020). Status Gunung aktif ini berada pada Waspada Level 2.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian ESDM, erupsi terjadi sekira pukul 17.22 WIB. Erupsi ini terekam di seismogram, yang amplitudo maksimum 24 mm dan durasi sekira 1 menit 39 detik.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara,” penggalan informasi Magma Indonesia.

Selain itu, tercatat ada 17 kali gempa letusan dengan amplitude 10-23 mm selama 56-130 detik. Untuk itu, Gunung Semeru saat ini berada pada status level 2. Warga pun diminta waspada karena hal ini.

“Masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, Gunung Semeru menjadi salah satu gunung aktif di Pula Jawa. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu sering kali terjadi erupsi meski dampaknya hanya disekitar puncak gunung. (may/ono)