Modus Baru Maling HP di Probolinggo: Lempar Serbuk Kopi ke Mata Korban, Waspada ya Bolo…

3025

Gending (wartabromo.com) – Pelaku pencurian di Probolinggo lemparkan serbuk kopi ke mata korban. Modus ini terbilang baru, muluskan aksi kriminal meski cukup membahayakan korban.

Hal ini mengemuka, di antaranya dilakukan oleh seorang pencuri bernama Irfan Efendi (20), warga Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Informasi yang diperoleh, pemuda pemilik rambut lurus itu melakukan aksinya di konter Wijaya pada Rabu (29/1/2020).
Kapolsek Gending, AKP Ohim mengatakan, saat itu konter dijaga Sri Sulistia Ningsih, warga Desa Curahsawo, Kecamatan Gending.

Dituturkan, sebelumnya pelaku mengendarai motor berwarna hijau Nopol B-6017-WE, mendatangi konter yang berada di Desa Sebaung, Kecamatan Gending tersebut, sekitar pukul 13.30 WIB.

“Pelaku seorang diri, lalu masuk ke konter korban dengan berpura-pura menjadi pembeli HP yang sudah diincar,” terang Ohim.

Pastinya, aksi lempar serbuk kopi sudah direncanakan matang-matang. Sebungkus plastik berisi serbuk kopi hitam telah dipersiapkan.

Buktinya, setelah HP incaran dikeluarkan, Irfan langsung saja lemparkan serbuk kopi ke arah mata si penjaga konter.

“Saat penjaga konter lengah, pelaku langsung menaburkan serbuk kopi ke mata penjaga konter dan langsung melarikan diri membawa HP incarannya,” tutur Ohim.

Untung saja, pelaku yang mencoba melarikan diri dengan membawa HP curiannya itu dapat dihentikan.

Penjaga konter kebetulan sigap. Meski dengan mata perih, Sri Sulistia Ningsih mencoba mengejar dan menjambak rambut Irfan saat berada di atas motor.

Karuan saja, aksi pencurian modus anyar dan cukup membahayakan ini berujung diserahkannya Irfan ke polisi.

“Saat rambut pelaku berhasil dijambak, korban langsung berteriak minta pertolongan. Sehingga pelaku berhasil diamankan dan saat ini sudah berada di Mapolsek untuk pemeriksaan,” tandas Ohim. (cho/ono)