Awas! Meminum Sisa Air di Gelas Tidak Aman

1169

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bolo di rumah pasti pernah menyisakan air dalam gelas ataupun botol semalaman. Biasanya sisa air itu bakal diminum kembali saat bangun tidur.

Sebenarnya, amankah air yang disimpan semalaman untuk dikonsumsi kembali?

Dirangkum dari berbagai sumber, air yang dibiarkan dalam gelas terbuka tidak benar-benar bersih. Bisa jadi, ada debu, serpihan atau bahkan nyamuk yang lewat di atas gelas menjatuhkan sesuatu ke dalam air.

Begitu juga dengan botol minum. Meski tertutup, leher botol yang sudah kontak dengan mulut membuat air menjadi terkontaminasi.

Hal itu juga berlaku untuk sisa air di botol yang tertinggal di dalam mobil. Sisa air di botol tersebut bisa terpapar panas dan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri.

Baca Juga :   Berstatus Positif Covid-19, Dokter Senior di Probolinggo Meninggal

Pasalnya, beberapa jenis botol plastik mengandung BPA yang mudah larut jika terpapar panas dalam waktu lama. Apalagi, dalam air liur termasuk bibir mengandung beberapa bakteri.

“Air liur kita mengandung banyak bakteri, demikian juga kulit bibir kita. Itu sebabnya sisa air yang dibiarkan berjam-jam sebenarnya sudah mengandung bakteri,” ujar Dr Marc Leavey, dokter layanan primer Mercy Medical Center, Massachusetts.

Itulah mengapa sisa air yang sudah dibiarkan berjam-jam sebenernya juga mengandung bakteri yang tak terlihat. Meski tak menyebabkan penyakit serius, sangat disarankan untuk tidak meminum air yang sudah disimpan terlalu lama. (bel/may)