Kali di Pasuruan “Dikepung” Busa

3870
Kali Welang, Dusun Sromo Timur, Desa Pacarkeling, Kejayan

Kejayan (WartaBromo.com) – Hamparan busa kembali terlihat di sejumlah Sungai di Kabupaten Pasuruan Sabtu (15/2/2020) pagi. Kali ini busa menghiasi Sungai Welang.

Terpantau, setidaknya busa menumpuk di tiga titik daerah aliran sungai Welang di Kabupaten Pasuruan itu. Yakni di aliran sungai di wilayah Kecamatan Wonorejo, lalu sejumlah titik wilayah Kecamatan Kejayan, di antaranya Desa Pacarkeling.

Busa ini hampir menutup seluruh aliran air di Sungai Welang.

“Belum pernah kejadian ngene (gini),” ujar Fauzan, Warga Pacarkeling.

Hal yang sama diungkapkan oleh Luluk, warga Pacarkeling. Luluk yang biasanya mencuci pakaian di Kali Welang, harus absen terlebih dahulu.

“Sama warga biasanya nyuci. Hari ini tidak ada yang berani,” jelasnya.

Kali Welang, Dusun Sromo Timur, Desa Pacarkeling, Kejayan.

Diketahui, busa sungai ini berada pada satu aliran air. Sehingga dimungkinkan jika busa tersebut berhubungan satu sama lain. Bahkan dikabarkan, busa melimpah juga berada di wilayah Kecamatan Kraton.

Belum diketahui dari mana datangnya busa yang diduga limbah pabrik ini. Termasuk belum ada konfirmasi resmi dari dinas terkait peristiwa ini.

Sebelumnya busa juga mencemari Kali Demper Pandaan pada Jumat (14/2/2020). Tumpahan cairan hitam dari “pabrik” pengolah plastik di Desa Sumbergedang menjadi penyebabnya. (may/ono)