Pria asal Pasuruan Curi TV di Leces, Dalihnya Terdesak Biaya Persalinan Istri

727

Leces (wartabromo.com) – Demi membiaya persalinan sang istri, seorang pria asal Pasuruan, nekat maling televisi. Aksi pencurian di Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, nyaris merenggut nyawanya, setelah tepergok dan menjadi bulan-bulanan warga.

Dalam rekaman video amatir warga berdurasi satu menit 11 detik, nampak pelaku pencurian televisi atas nama Hendro Mulyono, lelaki 26 tahun asal Pasuruan, menjadi sasaran amuk massa.

“Beruntung ada polisi dari Polsek Leces yang datang dan langsung dibawa ke sana (Polsek). Dipukuli sama warga, entah kepalanya pecah atau tidak,” kata salah satu warga, Bunadi, Sabtu (15/2/2020).

Sebelumnya, pelaku berkeliling mencari sasaran, mengendarai motor sport merah dengan Nopol W-2492-Q. Pria ini kemudian berhenti di belakang rumah milik Didik Hermanto yang disasar. Hendro kemudian memanjat tembok, merusak pintu belakang, dan mengambil televisi LED yang melekat di tembok.

Aksi itu rupanya diketahui pemilik rumah. Ia langsung diteriaki maling. Pelaku pun terpojok, ditangkap beramai-ramai, hingga jadi bulan-bulanan warga Desa Jorongan.
Beruntung polisi cepat datang dan mengamankannya.

Berdasarkan keterangan, aksi pencurian semacam ini tak hanya sekali dilakukan. Sebelumnya pria ini juga menjalani hukuman penjara, atas kasus yang sama.

“Saya terpaksa mencuri, lantaran butuh uang untuk biaya persalinan istri Pak,” ujar Hendro beri alasan aksi nekatnya kali ini.

Kapolsek Leces, Iptu Ghandi menyebut, pihaknya masih melakukan penyelidikan kasus pencurian berdalih kesulitan biaya persalinan ini. “Pengakuannya pelaku memang pernah berurusan dengan hukum seperti ini. Masih kami dalami,” ujar Ghandi. (lai/saw)