Timbun Ribuan Liter BBM, Tengkulak di Kota Probolinggo Digelandang Polisi

1370

Kedopok (WartaBromo.com) – Ribuan liter bahan bakar minyak (BBM) jenis premium diamankan polisi di sebuah tempat wilayah Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. BBM dalam ratusan jeriken itu diduga milik tengkulak yang melakukan praktik penimbunan.

Polisi menemukan BBM jenis premium itu di Gang Salak, sekitar 50 meter dari SPBU Mastrip, Kelurahan Jrebeng Wetan, Kedopok, Kota Probolinggo.

“Sebelumnya kami mendapat laporan dari warga, melalui radio, lalu kami tindak lanjuti segera,” kata Kasat Sabhara, AKP Dwi Soecahyo, Senin (17/2/2020).

Setidaknya ada seratus lebih jeriken biru berkapasitas 30 liter berisi premium yang diamankan. Tak hanya ribuan liter BBM, ada juga empat unit sepeda motor yang turut dibawa ke Mapolres Probolinggo Kota.

Baca Juga :   Kesal Ditipu, Bakul Cilok Cs Lempari Batu Rumah “Calo” PNS

Diduga, para tengkulak dengan tangki buncit ini mulanya membeli BBM jenis premium dari SPBU Mastrip. Dari tangki motor itulah kemudian BBM dipindahkan ke jeriken biru yang diletakkan di Gang Salak.

Setelah dipindahkan dengan selang plastik, tengkulak kembali mengantre di SPBU untuk membeli premium.

Sebanyak empat tengkulak diamankan Shabara Polres Probolinggo Kota. Meski begitu, polisi memperkirakan masih ada tengkulak lain yang ikut melakukan aksi ini. Pasalnya sebagian besar dari mereka kabur karena sudah mencium aksi polisi.

Dikonfirmasi terpisah, Kaporles Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya menyebut, tindakan yang dilakukan jajarannya setidaknya menimbulkan efek jera bagi terduga pelaku penimbun BBM itu.

Oleh Shabara, penyelidikan kasus ini selanjutnya akan dilimpahkan ke jajaran Sat Reskrim Polres Probolinggo Kota.

Baca Juga :   Warga Temukan Buaya di Sungai Bakalan Purwosari hingga Tanggapan TNBTS Soal Pengelolaan Sampah Bromo | Koran Online 1 Maret

“Selanjutnya jajaran Reskrim akan menyelidiki lebih lanjut. Prosesnya seperti apa, nanti dirumuskan,” kata Ambar.

Dugaan penimbunan BBM jenis premium, sebelumnya pernah terjadi. Saat itu, puluhan motor dengan tangki buncit, diamankan dari SPBU Kasbah, beserta beberapa unit kendaraan roda empat. (lai/saw)