Maling Motor Ini Babak Belur Digebuki Warga

2673
BONYOK: M. Rosid (kiri) saat diamankan usai digebuki warga lantaran kedapatan mencuri sepeda motor, Kamis (27/02/2020).

 

Rejoso (WartaBromo.com) – Seorang pencuri sepeda motor babak belur usai dihakimi warga saat melakukan aksinya di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Kamis (27/02/2020) siang.

Pelaku diketahui bernama Muhammad Rosid, 35, warga Desa Dandanggendis, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Sementara pelaku lainnya adalah Din, warga Kalipang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Informasinya, keduanya berangkat dari Grati berboncengan untuk mencari sasaran. Sesampainya di Desa Rejoso Lor, Rejoso, mereka melihat sebuah sepeda motor bernopol Nopol N 3473 XE tahun 2002 terparkir di pinggir sawah.

Rosid pun turun untuk menggasak sepeda motor merek Honda Supra itu. Sementara rekannya, Din menunggu dan mengawasi situasi.

Oleh Rosid, motor milik Misnaji, 70, warga Desa Rejoso Lor itu kemudian dibawa kabur ke selatan. Namun aksi tersebut ketahuan Yono, 35, petani lain yang ada di sekitar lokasi.

Yono pun berusaha mengejar Muhammad Rosid sambil meneriakinya ‘maling’. Warga lainnya, Irul, 29, mengatakan Muhammad Rosid dan Din kabur secara terpisah.

Muhammad Rosid mengambil jalur masuk ke Dusun Turi, Desa Toyaning, Kecamatan Rejoso. “Di sana terjebak banjir, lalu putar balik dan kepropok warga,” ujar Irul.

Muhammad Rosid kemudian terjatuh dari sepeda motor dan tak bisa menghindar dari amukan warga. Sementara rekannya, Din berhasil melarikan diri dan kini ditetapkan sebagai DPO.

Aksi amuk warga berhenti setelah Unit Reskrim Polsek Rejoso turun ke TKP. Muhammad Rosid pun digelandang masuk ke mobil polisi untuk selanjutnya dibawa ke Mapolsek Rejoso.

“Langkah selanjutnya mengembangkan kasus untuk mencari pelaku lain,” ujar Kapolsek Rejoso AKP Bambang Sugeng secara tertulis melalui aplikasi WhatsApp. (tof/asd)