Yuk Flashback Medsos Jadul Era 2000-an

515

Pasuruan (Wartabromo.com) – Teknologi khususnya media sosial berkembang cuup pesat. Facebook, Instagram, Twitter, Line hingga WhatsApp kini menjadi media sosial yang paling populer.

Nah, tahukah bolo sebelum media sosial yang kini digandrungi, ada beberapa media sosial jadul yang populer pada masanya. Adakah yang mengetahui apa saja mereka?

Yuk flashback!

1. Friendster

Sebelum Facebook muncul, Friendster sangat populer. Menggunakan aplikasi ini, bolo bisa mengetahui siapa saja teman yang mengunjungi halaman profil. Itu menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki Friendster.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengganti background sesuka hati. Bisa juga menambahkan widget seperti music player dan animasi glitter di tampilan profil.

2. mIRC

Sebelum WhatsApp dan Line menjamur, mIRC sering dipilih untuk chat dengan seseorang. Aplikasi ini populer tahun 2000-an.

Tampilan mIRC juga sederhana. mIRC menggunakan kolom atau room super banyak. Hal ini membuat pengguna betah berlama-lama di depan komputer.

Dulu, dimanfaatkan bagi para jomblo untuk modus ke lawan jenis. Pasalnya, orang yang menerima pesan, tidak pernah tahu bagaiman rupa sebenarnya orang yang diajak chatting.

Satu lagi yang unik dari aplikasi ini. Pengguna wajib menggunakan username yang sangat random, dan terkesan alay. Salah satu contohnya adalah manja_f4f4.

Bagaimana menurutmu?

3. MySpace

Jika sekarang Facebook menjadi salah atau raksasa media sosial, MySpace dapat dikatakan versi lama Facebook. Pasalnya, pengguna dapat mengunggah tulisan, foto, musik, dan video.

Para seniman banyak yang memanfaatkan MySpace untuk memamerkan karya yang dibuat. Mulai dari demo lagu, foto-foto bahkan gambaran hasil karya tangannya. Inilah yang membuat popularitas MySpace tak kalah mentereng dari Friendster.

4. Yahoo Messenger

Sebelum Google sepopuler sekarang, Yahoo merupakan penyedia layanan email gratis yang paling dicari. Pasalnya, Yahoo Messenger (YM) menajdi satu-satunya layanan berkirim pesan yang dapat menampilkan profile picture penggunanya. Tak sampai disitu, YM juga sudah mendukung fitur emoticon.

Satu lagi yang menarik dari aplikasi ini adalah keberadaan mini games yang bisa dimainkam sembari menunggu balasan chat.

Wah, seru nih

5. Tumblr

Sebelum Twitter menjadi orang-orang untuk ‘nyampah’, Tumblr jadi pilihan anak muda awal 2000-an. Fungsi Tumblr mirip sekali dengan Twitter yakni layanan mikroblog yang memungkinkan pengguna mengirim konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek.

Sayangnya eksistensi Tumblr semakin meredup. Itu lantaran penggunaan Twitter dan Facebook semakin meluas dan membuat keduanya ‘berkuasa’.

6. Plurk

Selain Tumblr, ada juga Plurk yang fiturnya mirip Twitter. Medsos satu ini hanya memperbolehkan pengguna mengirim pembaruan atau dikenal dengan istilah plurk melalui antarmuka web, pesan singkat atau cara lain. Panjang karakternya maksimum 140.

Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web resminya, pengirim pesan instan atau pesan singkat.

Karena dianggap susah digunakan, Plurk juga bernasib sama dengan Tumblr yang ditinggalkan oleh penggunanya.

Sayang sekali ya?

7. Foursquare

Anak muda jaman sekarang pasti menganal Path. Nah, sebelum Path mulai booming, medsos satu ini sangat populer digunakan muda mudi.

Kalau mau dianggap eksis, wajib check-in saat berada tempat-tempat keren dan hits memakai Foursquare. Menggunakan aplikasi ini juga, para traveler bloger atau food bloger bisa menemukan tempat hits untuk di-review. (bel/may)