Rumah di Desa Minggir Winongan Ambles Gara-gara Banjir

1070

Winongan (WartaBromo.com) – Curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Pasuruan kembali menimbulkan bencana. Kali ini rumah salah satu warga Desa Minggir, Winongan, Kabupaten Pasuruan, ambles bersama tanah longsor.

Diketahui rumah tersebut milik Safiudin warga Dusun Kurek RW 01, Desa Minggir, Kecamatan Winongan. Dapur yang letaknya di belakang rumah ambles setelah tanah pondasi longsor.

Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Dulbari menyebut peristiwa ini terjadi pada Rabu (05/03/2020) kemarin.

Menurutnya, longsor dan amblesnya sebagian bangunan rumah itu diduga akibat hujan deras beberapa hari yang mengguyur wilayah Winongan.

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air sungai turut naik, sementara struktur tanah di seputaran rumah berpasir. Akibatnya, air yang deras menjadikan tanah gembur serta menggerus dasar tanah.

Karena terus tergerus, tanah pelan-pelan ambles, kemudian terjadilah longsor berikut bangunan rumah yang berdiri di atasnya.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Tectona Jati mengatakan, saat ini pihak BPBD sedang melakukan asesmen terhadap kerusakan rumah. Selanjutnya ia akan berkoordinasi dengan dinas pengairan untuk melakukan penanganan kedaruratan.

“Mungkin akan segera dipasang sand bag untuk menahan supaya tidak terjadi longsor kembali. Mudah-mudahan bisa segera ditindaklanjuti,” ujar Tecto. (tof/ono)