Jaga Daya Tahan Tubuh dengan 5 Makanan Ini

947

Pasuruan (Wartabromo.com) – Penyebaran virus corona tengah menghantui dan hangat dibincang. Sepertinya tak perlu panik, karena yang terpenting adalah menjaga kebersihan, tubuh tetap bugar, dan miliki daya tahan.

Nah, dalam menjaga daya tahan tubuh, bisa dengan menjaga asupan makanan. Berdasar beberapa sumber, makanan berikut dipercaya dapat menjaga kebugaran tubuh.

Apa saja?

  1. Beras Merah
    Beras merah memang dikenal lebih mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh serta rendah gula. Beras merah kaya akan serat dan vitamin B yang berguna untuk memberi energi lebih pada tubuh.
    Kandungan pati yang ada dalam beras merah juga lebih sedikit. Hal ini membuat beras merah lebih mudah dicerna daripada beras putih.
  2. Sayuran Hijau
    Tahukah bolo, tubuh yang kurang stamina dapat menimbulkan kelelahan?
    Nah, stamina yang kurang itu disebabkan karena tubuh kekurangan asupan zat besi. Solusinya, perbanyak konsumsi sayuran hijau. Pasalnya, sayuran hijau dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi.
    Selain itu, sayuran hijau juga membantu sirkulasi darah dan oksigen. Jumlah pasokan sel darah merah juga dalat ditambah dengan rutin konsumsi sayuran hijau.
  3. Ikan
    Selain sayuran, tubuh juga butuh asupan protein. Asupan itu bisa diperoleh dari ikan. Ikan kaya protein dan vitamin D.
    Berdasarkan penelitian, dalam 100 gram ikan terkandung hampir 50% dari kebutuhan protein harian orang dewasa. Secara tidak langsung, konsumsi ikan rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Jeruk
    Bukan rahasia lagi, apabila jeruk kaya vitamin C. Vitamin C sendiri, dipercaya mampu membantu meningkatkan energi serta membersihkan racun dalam tubuh. Tidak ada salahnya untuk menambah dosis vitamin C agar kekebalan tubuh meningkat.
  5. Pisang
    Selain jeruk, pisang juga bisa menjadi pilihan. Pisang mengandung potasium, karbohidrat kompleks, dan serat. Buah satu ini terkenal sebagai penambah energi tubuh. Jadi, konsumsi pisang dengan jumlah cukup, akan membantu bolo mengatasi kelelahan.

Tunggu apa lagi?
Penuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar daya tahan tetap terjaga. (bel/ono)