Jual Deretan Makanan Ini di Luar Negeri, Auto Kaya!

2185

Pasuruan (Wartabromo.com) – Tempe goreng, bakwan, pisang goreng, atau kerak nasi di Indonesia merupakan makanan murah meriah yang mudah dijumpai di Indonesia. Tapi, siapa sangka makanan-makanan tersebut bernilai fantastis di negeri orang.

Nah, WartaBromo telah merangkum dari beberapa sumber sejumlah makanan Indonesia yang dijual mahal di luar negeri. Apa saja?

  1. Tempe goreng
    Makanan yang sering dijadikan lauk saat makan bagi warga Indonesia ini ternyata menjadi primadona di berbagai negara, salah satunya, Eropa. Jerman menjadi negara Eropa yang paling banyak menyajikan tempe goreng.
    Jika biasanya tempe goreng dijual Rp1.000-Rp2.000 per potong, lain haknya di Jerman. Warga Jerman yang ingin menikmati tempe goreng harus rela merogoh kocek hingga 1,8 euro atau setara dengan Rp25.000.
  2. Bakwan
    Makanan yang masuk jenis gorengan ini sering jadi menu sarapan sebagain warga Indonesia. Harganya tak jauh beda dengan tempe goreng, yakni kisaran Rp500-Rp2.000. Tapi di Amerika, harganya bisa melonjak tinggi
    Harga bakwan di Amerika dibandrol mencapai Rp70.000. Meski begitu, banyak orang Amerika yang tertarik dan mencoba rasa gurih bakwan.
  3. Pisang Goreng
    Sore hari dikala musim hujan seperti sekarang ini, pisang goreng jadi camilan favorit. Ditemani secangkir kopi atau teh hangat menjadi makanan ini nikmat.
    Kisaran harga pisang goreng yang dijual Rp1.000 sampai Rp5.000 per buah. Harga ini tentu jauh berbeda dengan Belanda yang menjual pisang goreng senilai 5 euro atau sekitar Rp75.000.
  4. Kerak Nasi
    Bagi orang Indonesia, kerak nasi bukanlah menu yang disukai. Sebagian besar orang memilih untuk membuang lapisan paling bawah nasi yang sudah menjadi kerak itu.
    Siapa yang menyangka, lapisan kerak nasi itu ternyata memiliki nilai jual cukup tinggi di Amerika. Bayangkan saja, kerak nasi dibungkus rapi dan dijual di Supermarket. Harga jualnya sekitar 7,58 USD atau setara Rp108.925.
  5. Ciplukan
    Buah yang tumbuh liar di Indonesia ini tak banyak peminatnya di negeri sendiri. Bahkan disebut-sebut sebagai makanan ular.
    Meski nyaris tak bernilai di Indonesia, buah mungil ini dianggap mewah di Amerika lho. Ciplukan sering dijadikan topping kue mewah buatan toko hingga hotel. Harga jualnya sekitar Rp250.000-Rp500.000 per kilogram.
Baca Juga :   Harga Kedelai Terus Naik, Perajin Tempe: Bisa-bisa tutup

Jadi, mau buka usaha di luar negeri? (bel/ono)