Amankah Berenang di Tengah Pandemi Virus Corona?

1275

Lumajang (WartaBromo.com) – Berenang menjadi pilihan olahraga bagi sebagian orang selama working from home. Namun, apakah kegiatan ini aman selama isolasi diri dari virus corona?

World Health Organization menjelaskan, bahan-bahan kimia dalam air kolam renang, mampu membunuh virus. Sebut saja klorinasi air sebesar 15 mg per liter yang bisa menghapus jejak segala jenis virus.

Pernyataan ini juga dibenarkan oleh Pool Water Treatment and Advisory Group (PWTAG) dalam buku pedomannya,

“Berenang dalam masa persebaran virus seperti ini umumnya aman untuk dilakukan. Campuran air dan klorin yang terkandung di dalam air kolam renang dapat membunuh virus tersebut,” jelasnya dilansir Antara.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), dr Ridwan Thaha juga turut angkat bicara. Ia menjelaskan, potensi penularan virus corona di kolam renang belum ada penelitian.

Baca Juga :   Positif Corona Kabupaten Pasuruan Masih Dijumpai, Kali ini 27 Warga Tertular

“Saya kira kalau di kolam renang nggak lah, karena daya hidupnya dia itu memang kalau di bawah 25 derajat itu memang bisa cukup lama ya, tapi saya belum punya pengetahuan yang kuat terkait dia hidup di dalam air, itu belum,” lanjutnya.

Namun demikian, penularan virus corona bisa terjadi jika ada interaksi di sekitar kolam. Atau jika virus telah menempel di beberapa peralatan atau fasilitas kolam renang.

Sebagai contohnya ada warga yang sama-sama berkumpul di sekitar kolam renang umum dan bersin atau batuk. Lalu fasilitas juga dipakai secara bersamaan. Baik menyentuh tiang, tempat duduk atau bahkan di ruang ganti. Risiko penularan virus cukup besar di tempat-tempat seperti itu.

Baca Juga :   Sempat Dirawat di Malang, Warga Grati Dikonfirmasi Positif

Maka dari itu, isolasi diri di rumah saja bisa jadi pilihan untuk saat ini. Kecuali jika kolam renang tersebut milik pribadi yang tidak ada kumpulan warga lain di sana. (may/ono)