ASN Lumajang Diminta Sisihkan Gaji, Gotong Royong Tanggulangi Corona

935
ASN Pemkab Lumajang. (Foto: Kominfo Kab Lumajang)

Lumajang (WartaBromo.com) – Bupati Lumajang meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) menyisihkan gaji pada bulan depan. Gaji ini akan dipergunakan untuk membantu warga terdampak pandemi Covid-19.

“Sebagai salah satu bentuk kepedulian PNS kepada masyarakat yang terdampak, Bapak Bupati Lumajang mengajak seluruh PNS Kabupaten Lumajang untuk menyisihkan sebagian penghasilan, yang bersumber dari gaji bulan April 2020,” jelas Agus Triyono, Sekda Kabupaten Lumajang.

Ajakan ini tertuang dalam surat edaran nomor 460/698/427.1/2020 yang dikeluarkan Senin (30/03/2020). Penyisihan penghasilan ini pun diatur oleh Pemkab Lumajang.

Untuk PNS golongan IV, maka diminta menyisihkan Rp250 ribu tiap orang. Lalu golongan III lebih rendah yakni Rp200 ribu/orang.

Sementara untuk PNS golongan II dan I, masing-masing menyisihkan Rp100 ribu dan Rp50 ribu.

Meski begitu, belum diketahui penggunaan secara terperinci terkait dana yang terkumpul. Namun, sempat disinggung jika upaya ini masuk dalam langkah memperbaiki perekonomian warga yang terdampak.

Tak hanya penyisihan penghasilan, Pemkab Lumajang bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZnas) dan lembaga zakat lain, juga akan menyalurkan zakat lebih dulu. Hari ini upaya dialog pun diadakan untuk membahas lebih lanjut terkait hal ini. Termasuk dengan penggiling beras di Lumajang. (may/ono)