Sempat Bersama Pasien Positif Corona, Puluhan Jemaah Umrah asal Lumajang Jalani Cek Kesehatan

3976

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemkab Lumajang terus melakukan tracking warga yang kontak langsung dengan pasien positif corona. Setidaknya ada 80 jemaah umrah yang dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Sebanyak 80 jemaah umrah ini merupakan rombongan dari biro travel asal Lumajang. Satu di antaranya diketahui positif Covid-19, dan menjadi orang pertama yang terkonfirmasi di Lumajang.

“Yang 80 orang satu rombongan jemaah umrah. Sudah dilacak oleh teman-teman Puskesmas dan kecamatan untuk berkunjung ke rumahnya dan memeriksa,” jelas dr. Bayu Wibowo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

Pelacakan ini juga membuat jumlah ODP di Lumajang bertambah. Hingga Minggu (29/03/2020) malam, sudah ada 105 Orang dalam Pantauan (ODP) yang ada di Lumajang.

Baca Juga :   Pohon Beringin Ikon Alun-alun Lumajang Tumbang, Bunda Indah: Kami Gagal Menyelamatkannya

“Jadi (jika, red) diyakinkan dia sehat dan kami berpesan selama 14 hari tidak boleh pergi-pergi di rumah saja. Selama 14 hari apabila terinfeksi, berarti ada gejala (Covid-19, red). Jika setelah 14 hari dia sehat, berarti sudah sehat dan bisa beraktivitas seperti biasanya,” lanjutnya.

Sampai saat ini, gugus penanganan Covid-19 di Kabupaten Lumajang terus berupaya mendata warganya yang kontak dengan 3 pasien positif corona. Pemkab kemudian mewanti-wanti supaya warga di rumah saja.

Tak hanya itu, Pemkab juga meminta warga Lumajang yang sedang merantau untuk menunda kepulangan terlebih dahulu. Sebab, tak menutup kemungkinan, perantauan bisa menjadi Orang dalam Resiko (ODR) penularan corona, atau Orang Tanpa Gejala (OTG). (may/ono)

Baca Juga :   Tim Cobra Kembalikan 11 Motor Bodong, Pemiliknya Ada yang Tewas Kena Begal