Wah! Ada Pink Moon Pekan Ini

3192

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bulan April menjadi bulan istimewa. Pasalnya, di bulan ini akan terjadi fenomena langit yang dikenal dengan Pink Moon.

Mengutip viva, Pink Moon siap menyapa pada Rabu (8/4/2020) dini hari mendatang. Pada masa ini, bulan akan tampak lebih besar dari biasanya.

Istilah Pink Moon mengacu pada bulan purnama yang terjadi setiap April. Dimana, pada saat yang sama, bunga musim semi merah muda yang disebut Wild Ground Phlox, muncul di Amerika Serikat (AS).

Tak hanya Pink Moon, fenomena ini juga memiliki beberapa sebutan lain. Diantaranya, Egg Moon, Full Sprouting Grass Moon, Growing Moon, atau Full Fish Moon.

Sebenarnya, Pink Moon tak benar-benar terlihat berwarna merah muda. Warna aslinya, oranye sedikit pucat.

Bulan berwarna oranye ketika muncul itu terjadi lantaran saat bulan purnama besar terlihat rendah di langit, bulan dilihat melalui ketebalan atmosfer Bumi yang lebih besar. Atmosfer yang kaya oksigen dan nitrogen menyaring panjang gelombang cahaya bulan putih, ketika Bulan dekat dengan cakrawala.

Proses penyaringan ini dikenal sebagai pembiasan cahaya. Proses ini menghasilkan lebih banyak komponen merah cahaya Bulan yang bergerak langsung ke mata. Maka dari itu, Bulan akan tampak berwarna merah atau oranye. (bel/may)