Jadi Rujukan Covid-19, RSUD Dr. R. Soedarsono Siapkan 4 Ruang Isolasi

1972

Pasuruan (WartaBromo.com) – RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan ditetapkan menjadi rumah sakit rujukan oleh Pemprov Jatim. Pihak rumah sakit pun kini telah menyiapkan 4 ruang isolasi khusus Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan Shierly Marlena mengatakan, selain 4 ruang isolasi khusus Covid-19, pihak rumah sakit juga menyiapkan 9 ruang pinere untuk penyakit infeksi.

“Sudah kok. Sebelum jadi rujukan juga sudah kami siapkan,” ujar Shierly.

Sementara untuk keperluan APD, Shierly memastikan stok APD untuk tim medis di Kota Pasuruan yang ada saat ini masih cukup. Namun demikian, pihaknya juga menunggu belanja APD baru dari realokasi anggaran yang kini tengah dilakukan Pemkot Pasuruan untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga :   Pemkab Pastikan Tunda Pembangunan Kantor Baru Senilai Rp 44 Miliar

Selain itu, Pemkot Pasuruan baru saja menerima 20 alat rapid test Covid-19 dari Pemprov Jatim. Penggunaan alat ini diprioritaskan bagi pasien dalam pengawasan (PDP).

Dijelaskan Shierly, meski dapat mendeteksi seorang pasien positif Covid-19 atau tidak dalam hitungan menit, akurasi alat ini hanya mencapai 65 persen. Sehingga jika ada seorang pasien yang dinyatakan positif Covid-19 berdasar rapid test, maka harus dikonfirmasi dengan swab.

Sekadar diketahui, saat ini di Kota Pasuruan belum ada warga yang tercatat terjangkit Covid-19. Berdasar data Dinkes Kota Pasuruan per Senin (06/04/2020), saat ini di Kota Pasuruan ada 433 orang dalam resiko (ODR), 46 ODP dan 0 PDP. (tof/ono)

Baca Juga :   Pelihara Puluhan Satwa Langka, Pria Asal Pandaan Ditangkap Polisi