Keberadaan Pasien Positif asal DKI Belum Diketahui, Satgas Covid-19 Lakukan Pencarian

2909
Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya

Bangil (WartaBromo.com) – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan masih melakukan pencarian terhadap seorang pasien positif Covid-19. Sampai hari ini pasien tersebut belum diketahui keberadaannya.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Syaiful Wijaya mengatakan pasien tersebut merupakan warga DKI Jakarta. Kedatangannya ke Pasuruan untuk berkunjung ke rumah saudaranya di wilayah Kecamatan Rembang.

Setibanya di Pasuruan ia sakit dengan gejala yang mengarah terinfeksi Covid-19. Pasien berjenis kelamin perempuan itu pun langsung dirujuk ke RSUD Bangil.

Ia masuk ke rumah sakit sejak tanggal 27 Maret 2020 hingga tanggal 4 April 2020. Sepekan lebih dirawat, kondisinya berangsur membaik dan pasien tersebut kemudian minta dipulangkan karena merasa sudah sehat.

“Tapi waktu itu hasil swab belum keluar. Kemarin sudah diumumkan Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur hasil swab untuk pasien 1 yang dari Jakarta ini dinyatakan positif,” ujar Anang dalam konferensi pers yang digelar di Posko Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Minggu (12/04/2020).

Saat ini tim Satgas masih melakukan tracing pasien tersebut berada di mana, berkomunikasi dan berhubungan dengan siapa saja, dan hal lainnya.

Selain itu, mengenai tambahan 7 pasien positif Covid-19, Anang mengatakan sebagian dari mereka ada yang satu klaster dengan 3 pasien pertama yakni peserta Bimtek haji di Sukolilo, Surabaya.

“Tapi kan kita belum bisa memastikan. Mereka itu tertularnya saat Bimtek atau saat, misalnya, jalan-jalan di Surabaya atau dalam perjalanan pulang atau bagaimana,” imbuh Anang.

Sekadar informasi, perkembangan situasi Covid-19 di Kabupaten Pasuruan saat ini berdasar data dari website Pemkab Pasuruan, ODP berjumlah 86 orang; PDP berjumlah 25 orang; dan positif Covid-19 berjumlah 10 orang. (tof/ono)