Ini Pentingnya Panaskan Mesin Mobil yang Lama Tak Dikendarai

2293

Pasuruan (Wartabromo.com) – Penyebaran Covid-19, membuat segala aktivitas di luar rumah dibatasi termasuk berkendara. Alhasil, banyak kendaraan yang terbengkalai, malah tak terurus oleh pemiliknya.

Salah satu hal sepele yang sering dilupakan yakni memanaskan mesin kendaraan. Padahal, mesin kendaraan harus rutin dipanaskan.

Mengutip CNN Indonesia, selama di rumah saja, usahakan untuk memarkirkan kendaraan dengan benar meski tidak terpakai. Tak hanya itu, kondisi mesin kendaraan harus dijaga agar selalu optimal.

Salah satu caranya dengan rutin memanaskan mesin mobil. Paling tidak, nyalakan mesin mobil minimal satu minggu sekali. Durasinya, cukup 5 menit saja.

Ya, memanaskan mesin memang diperlukan. Itu lantaran, kendaraan perlu diisi kembali energi baterainya.

Baca Juga :   Ban Tanpa Udara Rilis 3 Tahun Lagi, Wah Gimana Tuh?

Ketika memanaskan mesin, cukup dibiarkan saja putaran mesin standar alias idle. Tak perlu sambil menginjak-injak gas.

Pasalnya, jika mesin tak rutin dipanaskan dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan baterai tekor. Hal ini tentu akan merepotkan pemilik apabila sewaktu-waktu mobil akan digunakan kemudian hari.

Tak hanya memanaskan mesin, pemilik kendaraan bermotor juga wajib mengecek performa mesin. Mengeceknya bisa dengan mendengar suaranya.

Jika mesin mulai mengeluarkan bunyi aneh, segera lakukan perawatan. Bila perlu, luangkan waktu untuk berkeliling sejenak di dekat area rumah sembari mengendarai mobil. (bel/may)