Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Catat 4 PDP Baru, 1 di Antaranya Balita

4000
Gedung jantung dan paru RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan

Pasuruan (wartabromo.com) – Terdapat 4 pasien dalam pengawasan (PDP) dicatat Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Jumat (17/4/2020). Kini, jumlah PDP menjadi 36 orang.

Per Jumat (17/04/2020) PDP yang menjadi pasien baru di RSUD Bangil di antaranya 1 orang laki-laki (53) warga Kecamatan Rembang; serta 1 orang perempuan (43) warga Tosari.

Kemudian 1 orang perempuan (35) warga Lekok, bahkan bayi perempuan berusia 7 bulan dari Bangil, juga masuk daftar PDP di Kabupaten Pasuruan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, keempat pasien tersebut memiliki riwayat berbeda.

Dijelaskan Anang, warga Rembang adalah karyawan di salah satu perusahaan di Sidoarjo. Setelah perusahaan berinisiatif menggelar rapid test, warga tersebut dinyatakan reactive rapid test, sehingga diminta untuk isolasi di RSUD Bangil.

Sedangkan warga Lekok dan bayi dari Bangil yang berstatus PDP baru, adalah pasien yang datang ke RSUD Bangil dengan keluhan demam, flu berat disertai sesak nafas.

Sementara PDP warga Tosari adalah hasil dari surveillance petugas Puskesmas dan dinas kesehatan yang melakukan tracing terhadap kontak erat dan berstatus reactive rapid test.

“Hasil rapid test-nya reaktif, dan langsung dilakukan pemantauan sampai hasil swab-nya keluar dari Surabaya,” kata Anang, sesaat setelah Jumpa Pers di Posko Covid-19 Kabupaten Pasuruan.

Dengan bertambahnya 4 PDP baru, maka keseluruhan pasien PDP di RSUD Bangil berjumlah 36 orang.

Terkait ODP (orang dalam pemantauan) juga terdapat perubahan. Hari ini ada 9 orang ditambahkan Satgas. Sehingga dari 146 ODP sebelumnya menjadi 155 orang.

Kesembilan ODP ini terdiri dari 2 warga Kecamatan Grati, 1 warga Winongan, 1 warga Beji, 1 warga Pasrepan, 1 warga Nguling, 1 warga Lumbang, 1 warga Tosari, dan 1 warga Purwosari.

Kecamatan Pasrepan yang kemarin masih berstatus zona hijau (tidak ada OPD, PDP maupun positif Covid-19), kini berstatus zona kuning Covid-19. Sehingga sampai hari ini, hanya

Secara keseluruhan terdapat 2 kecamatan, yakni Kejayan dan Tutur yang dikategorikan masuk zona hijau.

Di sisi lain, jumlah pasien postif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan tetap 10 orang yang berasal dari Kecamatan Bangil, Beji, Gempol, Grati, Kraton, Lumbang, Prigen, Purwodadi, Puspo, dan Rembang. (mil/ono)

.

.

.

.

.

.