Dua Positif Covid di Lumajang Klaster Transmisi Lokal

2877

Lumajang (WartaBromo.com) – Dua warga Lumajang kembali terkonfirmasi positif corona. Keduanya merupakan klaster lokal, atau tertular dari pasien positif sebelumnya.

“ODP 333, PDP-nya 50, positif covid ada penambahan 2 jadi 20. Penambahan pasien positif berasal dari Kecamatan Sumbersuko dan Rowokangkung,” jelas Agus Triyono, Sekretaris Daerah Lumajang.

Meski begitu, Pemkab Lumajang tak bisa menyebutkan inisial dan umur dari pasien positif saat ini. Kebijakan baru ini diambil untuk melindungi data pasien, dan bentuk support secara psikologis untuk pasien supaya cepat sehat kembali.

“Ada 10 Kecamatan di Lumajang masuk dalam zona merah. Hampir separuh dari total keseluruhan kecamatan di Lumajang,” tambahnya.

Sementara itu, dr. Bayu Ignasius Wibowo, Kepala Dinas Kesehatan Lumajang mengatakan, dua tambahan pasien positif ini merupakan klaster lokal. Artinya, keduanya tertular setelah kontak dengan pasien positif Covid-19 di Lumajang.

Baca Juga :   Kota Probolinggo Catat 1 PDP

“Sudah ada transmisi lokal, artinya orang Lumajang tertular dari masyarakat di sekitarnya, untuk itu warning bagi masyarakat untuk tetap jaga diri dengan tetap memakai masker, hindari kerumunan karena potensi tertular cukup tinggi,” tandasnya. (may/ono)