Masker Gratis Dijadwal Selesai Terdistribusi sebelum Lebaran

896
BERI PENJELASAN: Kadinkop Hasani (kiri) dan Kadisperindag, Edi Suwanto saat menyampaikan progress pembuatan masker gratis untuk warga kepada Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Pasuruan, Sabtu (9/05/2020) malam. Foto: Asad Asnawi.

 

Pasuruan (WartaBromo.com)- Pemkab Pasuruan menargetkan 2.3444.444 masker yang dibuat selesai didistribusikan kepada warga sebelum Lebaran mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Edi Suwanto di depan rapat Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Pasuruan, Sabtu (9/05/2020) malam.

“Bupati sudah beri petunjuk agar dilakukan percepatan. Targetnya sebelum Lebaran semua sudah terdistribusi. Kami juga sudah kirim surat ke IKM-UKM,” kata Kadisperindag.

Dikatakan Kadisperindag, hingga per 8 Mei lalu, total 320 ribu masker berhasil dibuat dan dikirim ke Disperindag. Setelah dilakukan verifikasi oleh dinas dan juga Inspektorat, ratusan ribu masker tersebut diserahkan ke Gugus Tugas.

Dirinya mengatakan, semula distribusi akan dilakukan dinas dengan melibatkan pemerintah desa/kelurahan sesuai jumlah penduduk masing-masing. Namun, skenario tersebut berubah.

“Komando berikutnya disitribusi masker melalui posko Gugus Tugas. Sehingga kami serahkan ke posko,” terang pejabat yang bakal memasuki masa pensiun ini.

Kadisperindag menambahkan, tidak semua masker yang dikirim lolos. Berdasar catatannya, dari verifikasi yang dilakukan, setidaknya ada 15 ribu yang ia tolak karena tidak sesuai spesifikasi. Baik bahan maupun ukuran.

Sementara itu, dari Dinas Koperasi (Dinkop) pembuatan masker yang semula direncanakan mencapai satu juga berkurang menjadi 844.444.

Hal itu terjadi menyusul adanya perubahan harga yang tadinya Rp 3.500 per pcs menjadi Rp. 4.500. Perubahan harga tersebut berlaku untuk termin kedua.

Hasani, kepala Dinas Koperasi (Kadinkop) yang juga turut hadir dalam rapat Pansus mengungkapkan, dari target tersebut, 476.245 pcs masker sudah dikirim ke Dinkop.

“Progres pengerjaan mencapai 56, 4 persen. Dari yang 476.245 yang dikirim, 370 ribu yang sudah diverifikasi dan diserahkan ke Posko Gugus,” jelas Hasani.

Selain Ketua Pansus, M. Zaini, rapat yang berakhir tengah malam itu juga dihadiri sejumlah pimpinan dewan. Diantaranya, Ketua DPRD Sudiono Fauzan (PKB), Wakil Ketua Andri Wahyudi (PDIP) dan juga Rusdi Sutejo dari Gerindra. (asd/asd)