Pasien Positif asal Pandaan Dilaporkan Meninggal

8560

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pasien positif Covid-19 di  Kabupaten Pasuruan dilaporkan meninggal dunia, Rabu (20/05/2020). Pasien ini tak tertolong meski tim medis RSUD Bangil, mencoba optimal menolongnya.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, pasien covid-19 yang meninggal adalah seorang perempuan (55) dari Kecamatan Pandaan.

Sebelum terkonfirmasi Covid-19, pasien ini datang ke RSUD Bangil pada 7 Mei 2020 dengan keluhan pneumonia, dan memiliki komorbit hipertensi atau darah tinggi. Setelah diperiksa, pasien ini ditetapkan sebagai PDP Covid-19, sehingga selain diisolasi, juga dilakukan rapid test dengan hasil reaktif.

Dari hasil rapid tim medis memutuskan melakukan swab, hasilnya adalah positif Covid-19.

Baca Juga :   Pasien Sembuh dari Corona Meninggal, Pemkab Lumajang Konsultasi dengan Kemenkes

“Tepatnya tanggal 16 Mei 2020 atau 9 hari setelah masuk RSUD Bangil, pasien ini dinyatakan Positif Covid-19,” kata Anang, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan.

Selama menjalani isolasi, seluruh petugas yang tergabung dalam tim Covid-19 RSUD Bangil terus melakukan pengobatan dan perawatan terhadap pasien ini secara maksimal. Hanya saja, kondisinya semakin kurang baik, dan pasien perempuan ini meninggal dunia siang tadi sekitar pukul 13.30 WIB.

“Seluruh petugas secara optimal memberikan yang terbaik bagi pasien Covid-19. Hanya saja, Allah SWT berkata lain, pasien ini meninggal dunia pukul 13.30 WIB,” jelasnya.

Saat berita ini ditulis, tim pemulasaraan jenazah RSUD Bangil sudah selesai melaksanakan tugasnya sesuai protokol kesehatan layaknya jenazah Covid-19. Dikabarkan, jenazah akan dimakamkan petang ini, di pemakaman umum setempat.

Baca Juga :   Anggotanya Positif Covid, Kantor DPRD Kota Probolinggo Di-lockdown

“Yang jelas, semua proses pemulasaraan jenazah sudah sesuai protap kesehatan yang betul. Warga juga sangat membantu, kami ucapkan terima kasih,” ucap pria yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Pasuruan itu.

Sementara itu, untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 sampai hari ini berjumlah 57 orang. Terdiri dari 4 warga Bangil, 9 warga Beji (1 sembuh), 7 warga Gempol (1 sembuh), 2 warga Gondangwetan, 1 warga Grati, 4 warga Kraton, 1 warga Lumbang (sembuh), dan 1 warga Nguling.

Pasien-pasien positif juga pada 7 warga Pandaan, 1 warga Pasrepan, 5 warga Prigen, 1 warga Purwodadi, 2 warga Purwosari, 5 warga Puspo (1 sembuh), 6 warga Rembang (2 sembuh), serta 1 warga Tutur.

Sedangkan jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) Covid-19 hari ini terdapat 1 orang dari Kecamatan Lekok, sehingga jumlah keseluruhan mencapai 124 orang. Begitu juga dengan jumlah ODP (orang dalam pemantauan) Covid-19 yang juga ada 1 orang dari Kecamatan Winongan, sehingga total menjadi 271 orang. (mil/ono)