Hiu Tutul Muncul ke Permukaan Laut Kota Pasuruan

5032

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sekawanan ikan hiu tutul atau rhincodon typus muncul di wilayah laut di Kota Pasuruan. Diketahui, ikan ini bermigrasi dari perairan Benua Australia.

Hiu tutul yang dijumpai kali ini, memiliki panjang sekitar 4 hingga 6 meter di antaranya. Pada Senin (08/06/2020) sekitar pukul 09.00 WIB, hiu tutul ini tampak berenang hingga ke permukaan wilayah laut di Kota Pasuruan.

Salah satu nelayan di Kelurahan/Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Basori mengungkapkan, jika kawanan hiu tutul ini muncul ke permukaan itu menandakan, bahwa di tempat tersebut ada banyak plankton.

“Kalau plankton tidak ada, tidak akan berenang ke permukaan,” kata Basori.

Selain itu, menurut Basori, hiu tutul itu bisa muncul sewaktu-waktu dan tidak berdasarkan musim tertentu. Bahkan pada musim hujan pun biasanya hiu tutul tersebut bisa muncul ke permukaan.

Baca Juga :   Mobil Terios Remuk Disambar Kereta Api di Purwodadi

Hiu tutul ini biasanya menjadi daya tarik ketika warga Kelurahan Panggungrejo menyelenggarakan tradisi praonan saat H+7 lebaran atau hari raya ketupat. Dikatakannya, hiu-hiu ini tidak berbahaya.

Sementara itu petugas Pol Air Polres Pasuruan, Aipda Laswanto mengungkapkan, kemunculan hiu tutul ke permukaan air laut ini terlihat sejak seminggu belakangan.

“Kami mengimbau kepada para nelayan agar tidak menangkap atau membunuh hiu tutul ini, karena satwa ini langka dan dilindungi,” ujar Laswanto. (tof/ono)