Ini Sumber Masalah Rantai Motor ‘Berisik’

1306

Pasuruan (Wartabromo.com) – Motor bertransmisi manual memiliki penggemar tersendiri. Namun, pengguna motor transmisi manual memiliki kendala yang hampir semua pernah mengalami.

Apa itu?

Mengutip viva, pengguna motor transmisi manual seperti motor bebek, sportbike, atau naked bike memiliki kendala yakni rantai yang berbunyi. Meski sepele, kondisi tersebut membuat pengendara merasa kurang nyaman.

Sekadar diketahui, keberadaan rantai pada motor transmisi manual sudah merupakan satu yang terpenting. Pasalnya, pemakaian gear dan rantai untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang merupakan salah satu ciri khas motor bertransmisi manual.

Tentu, masing-masing jenis memiliki perbedaan. Jika motor bebek perpindahan gigi dapat dilakukan dengan tuas di kaki, maka motor sport dan naked bike, menggunakan perantara kopling tangan.

Nah, biasanya suara rantai motor disebabkan karena aus, atau rantai mulai kering. Bisa juga posisi rantai yang terlalu kendur atau terlalu kencang yang dapat menimbulkan bunyi berisik ketika motor dikendarai.

Pada dasarnya, rantai motor dan gear memang harus dicek dan disetel secara berkala. Bisa juga dengan rutin menggantinya setiap setahun sekali. Tentu, semua itu bergantung pada waktu dan jalur pemakaian motor. (bel/may)