Burung Berkurang Jadi Penyebab Ulat Hijau Merajalela

1400

Purwodadi (wartabromo.com) – Keberadaan ulat hijau yang menyerang pohon kenanga dan rumah warga di Desa Gajahrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan diduga diakibatkan oleh pergantian musim dan berkurangnya populasi burung dan rangrang sebagai musuh alami hewan tersebut.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pasuruan, Yetti Purwaningsih pada wartabromo.com, Kamis (18/5/2020).

“Peristiwa pergantian musim karena musuh alami berkurang, burung dan rang rang,” kata Yetti.

Menurutnya, munculnya ulat hijau yang merusak dedaunan dan bunga kenanga biasanya terjadi setiap tahun. Namun karena jumlah populasi musuh alaminya berkurang akibatnya ulat hijau tambah merajalela.

“Ini tidak bahaya kok karena daunnya bisa tumbuh lagi, “tambahnya.

Untuk menanggulangi kian meledaknya populasi ulat hijau, pihak dinas pertanian akan melakukan penyemprotan obat insektisida di desa tersebut.

“Rencananya akan dilakukan penyemprotan Senin depan, ” jelasnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, Warga di Desa Gajahrejo Kecamatan Purwodadi dibuat resah dengan serangan ulat hijau yang merusak pohon kenanga dan juga merambat ke rumah – rumah warga.

Bahkan dari pantauan wartabromo.com, rumah warga yang berdekatan dengan pohon kenanga hampir setiap hari harus membersihkan teras rumahnya dari ulat – ulat tersebut.  (yog/yog)