Kerahkan 1 Eskavator dan 3 Dump Truk, Sampah di Sungai Tambaklekok Dikeruk

991

Lekok (WartaBromo.com) – Sampah yang menumpuk di sungai Tambaklekok, Lekok, Kabupaten Pasuruan mulai dikeruk. Sebanyak 1 eskavator dan 3 dump truk dikerahkan.

Eskavator dan dump truk ini tiba di Sungai Tambaklekok pada Rabu (24/06/2020). Pantauan WartaBromo pada hari Kamis (25/06/2020) pukul 10.00 WIB, eskavator mulai mengeruk sampah yang berjejal di sungai.

Sampah yang terdiri dari berbagai macam barang itu kemudian dimasukkan ke dalam bak dump truk. Tampak 3 dump truk tersebut keluar masuk mengangkut sampah.

Camat Lekok, Fauzan mengungkapkan, sampah-sampah ini akan ditempatkan di tanah kavling di Desa Tambaklekok untuk dikeringkan terlebih dahulu. Setelah dikeringkan, kemudian akan dipilah-pilah sampahnya.

“Mana sampah yang bernilai ekonomis bisa dijual itu nanti warga yang memilah,” kata Fauzan kepada WartaBromo.

Baca juga : Sungai Jadi TPA Dadakan, DLH Akan Bangun TPST di Lekok

Fauzan melanjutkan, pihaknya tak bisa memastikan lama proses pembersihan sampah di sungai ini. Namun ditegaskan, proses pengerukan sampah akan terus dilakukan sampai sungai bersih.

Seperti diberitakan sebelumnya, sungai di Desa Tambaklekok ini menjadi sorotan karena penuh sampah. Sampah yang dibuang oleh masyarakat setempat kebanyakan merupakan sampah rumahan, seperti plastik, popok, bahkan kasur.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Heru Ferianto, mengatakan, pihaknya berencana akan membangun Tempat Penampungan Sementara Terpadu (TPST) disana.

“Baru akan kami bangun hari Sabtu besok,” ungkap Heru. (tof/may)